Category Archives: Asuransi

Asuransi Jiwa Unitlink, Sebenarnya Menguntungkan Nasabah atau Tidak?

gambar2Halo para pembaca OCI~ bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat sehingga kita semua dapat menjalankan aktivitas kita dengan lancar seperti biasanya. Berjumpa kembali di hari Kamis tanggal 9 Agustus 2018. Pada ulasan kali ini OCI akan membahas mengenai Asuransi Jiwa Unitlink. Seiring dengan bertumbuhnya kesadaran masyarakat akan asuransi dan banyaknya agen asuransi sekarang ini, penjualan asuransi jiwa unitlink juga semakin bertambah banyak di Indonesia. Lalu apa sebenarnya asuransi jiwa unitlink itu? Apakah asuransi jiwa unitlink menguntungkan?

Perkembangan produk asuransi jiwa di industri asuransi sudah semakin maju dan semakin banyak jenisnya. Dimulai dari asuransi jiwa tradisional yang berupa asuransi jiwa berjangka, lalu berkembang menjadi asuransi jiwa seumur hidup. Tetapi banyak orang tidak cukup puas hanya membeli asuransi jiwa, mereka juga menginginkan suatu produk yang dapat melindungi sekaligus menabung disana. Oleh karena itu, perusahaan asuransi mengeluarkan produk asuransi jiwa dwiguna (endowment), dimana selain terdapat manfaat perlindungan asuransi jiwa, nasabah juga akan memperoleh uang tunai yang dijamin ketika mereka seacra konsisten menabung dalam jangka waktu yang telah disepakati. Continue reading

Asuransi Umum Garap Segmen Ritel

What_Exactly_is_an_Insurance_PremiumSelamat pagi Sahabat OCI~ bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan yang sehat walafiat sehingga kita semua dapat menjalankan aktivitas kita dengan lancar seperti biasanya. Berjumpa kembali di hari Senin tanggal 6 Agustus 2018. Pada ulasan kali ini OCI akan membahas mengenai segmen nasabah ritel asuransi umum yang akan mengimbangi segmen korporasi. Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Dody Achmad Sudiyar Dalimunthe mengatakan, prospek segmen ritel positif sebab risiko sederhana, terukur dan nilai pertanggungan masih dalam retensi perusahaan asuransi.

Risiko segmen ini banyak diserap dalam retensi penanggung. Akibatnya, profil loss ratio kecil. “Kondisi ini dapat memberikan net premi besar bagi penanggung hingga estimasi profit lebih tinggi pula,” kata Dody, akhir pekan lalu. Continue reading

Unit Link Masih Menjanjikan

keluargaSelamat pagi para pembaca setia OCI~ bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat sehingga kita semua dapat menjalankan aktivitas kita dengan lancar seperti biasanya. Berjumpa kembali di hari Jumat tanngal 3 Agustus 2018. Pada ulasan kali ini OCI akan membahas mengenai Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia yang optimistis dengan perolehan dari produk unit link yang masih menjanjikan.

Kepala Bidang Operasional dan Aktuaria Asuransi Jiwa Indonesia Budi Tampubolon meyakini peluang perolehan premi dari produk unit link masih sangat besar, kendati tantangan yang dihadapi juga tidak kalah banyak. Continue reading

Tips Memilih Asuransi Paling Tepat untuk Keluarga

mengenal-asuransi-mikro-dan-manfaatnya-1Selamat pagi pembaca setia OCI~ bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat sehingga kita dapat menjelaskan aktivitas kita dengan lancar seperti biasanya. Berjumpa kembali di hari Kamis tanggal 2 Agustus 2018. Pada ulasan kali ini OCI akan membahas mengenai pemilihan jenis asuransi yang tepat bagi keluarga bukan perkara yang mudah, sangat penting bagi kita untuk lebih dulu memahami asuransi. Apalagi asuransi merupakan salah satu bentuk proteksi yang paling mudah.

Dengan asuransi, kita bisa memproteksi semua hal yang kita miliki seperti rumah, kendaraan, pendapatan, kesehatan dan tentu saja asuransi jiwa. Dilansir dari TheAsiaparents, berikut cara memilih asuransi yang baik dan tepat. Continue reading

10 Negara Asean Bahas Asuransi Lintas Batas Negara

abc_header-global-opportuniesSelamat pagi para pembaca setia OCI~ bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat sehingga kita dapat menjalankan aktivitas kita dengan lancar seperti biasanya. Berjumpa kembali di hari Rabu tanggal 1 Agustus 2018. Pada ulasan kali ini OCI akan membahas mengenai negara-negara anggota Asean berkumpul di Bali untuk membahas asuransi lintas batas negara yang akan melindungi masalah kecelakaan di jalan dan perlindungan atas arus barang bekas di kawasan ini.

Pertemuan ini merupakan dialog lanjutan dari Rapat Kelompok Kerja Council of Bureaux (CoB0 ke-4 yang dilaksanakan pada 28-29 September 2017 di Udon Thani, Thailand dan pertemuan tahunan ke-18 dengan Regulator Asuransi Asean pada 20 November 2017 di Vientiane, Laos. Dalam acara ini, akan dilakukan penyusunan rencana penerapan asuransi tanggung jawab pihak ketiga lintas batas untuk mempercepat implementasi Protokol 5 yakni Skema Asean Asuransi Motor Wajib dari Perjanjian Kerangka Kerja ASAeanEAN tentang Fasilitasi Barang dalam Transit (AFAFGIT). Continue reading

Klaim dan Manfaat yang Dibayar Asuransi Jiwa Melonjak 43,5% Pada Kuartal I 2018

fintech1_xxl-a

Halo pemabaca setia OCI~ bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat sehingga kita semua dapat menjalankan aktivitas kita dengan lancar seperti biasanya. Pada ulasan kali ini OCI akan membahas mengenai Jumlah klaim dan manfaat yang dibayarkan oleh pelaku industri asuransi jiwa mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 43,5% sampai kuartal pertama tahun ini. Data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menunjukkan, periode ini asuransi jiwa membayar klaim dan manfaat sebesar Rp34,51 triliun. Sedangkan di kuartal pertama tahun 2017 jumlah klaim dan manfaat sebesar Rp24,05 triliun.

Ketua Bidang Hukum dan Kepatuhan Maryoso Sumaryono menjelaskan, kontribusi klaim terbesar berasal dari klaim nilai tebus (Surrender) sebesar 60,3%. Klaim jenis ini meningkat 56,7% secara year on year (yoy) lantaran meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap uang tunai untuk kebutuhan sehari-hari. Lalu klaim penarikan sebagian (partial withdrawal) berkontribusi 13,1% dan mengalami pertumbuhan 16,8% dibanding realisasi tiga bulan tahun lalu. Selanjutnya, klaim kesehatan (medical) memiliki porsi 7% dari keseluruhan nominal klaim. Continue reading

Asuransi Jiwa Kumpulan Prospektif

perbandingan-asuransi-jiwa-fotolia-770x430Selamat pagi pembaca setia OCI~ bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat sehingga kita semua dapat menjalankan aktivitas kita dengan lancar seperti biasanya. Berjumpa kembali di hari Rabu tanggal 25 Juli 2018. Pada ulasan kali ini OCI akan membahas mengenai Bisnis asuransi jiwa kumpulan yang dinilai masih prospektif. Meski di awal tahun ada tantangan yang dihadapi pelaku usaha. Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat di kuartal I-2018, jumlah tertanggung segmen asuransi jiwa kumpulan susut 1,8% menjadi 40,8 juta orang. Di saat yang sama, penurunan di segmen individu sebesar 1,2%.

Penurunan ini akibat dari penarikan nilai tunai sejalan dengan tren investasi positif di tahun lalu dan berbarengan dengna peningkatan kebutuhan dana masyarakat. Penurunan jumlah tertanggung itu menurut ketua Bidang Hukum dan Kepatuhan AAJI Maryoso Sumaryono tidak perlu dirisaukan karena hanya tren sementara. Continue reading

Meski Menantang, Industri Asuransi Diyakini Tumbuh Sesuai Ekspektasi

gambarHalo para pembaca setia OCI~ bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat sehingga kita semua dapat menjalankan aktivitas kita dengan lancar seperti biasanya. Berjumpa kembali di hari Kamis tanggal 12 Juli 2018. Pada ulasan kali ini OCI akan membahas mengenai dinamika eksternal yang bisa menghadirkan tantangan bagi industri asuransi umum di paruh kedua tahun ini. Meski begitu, sektor industri yang mengkover risiko kerugian mobil sampai kargo laut ini dinilai masih punya kesempatan cukup besar untuk mengukir kinerja yang positif.

Direktur Eksekutif AAUI Dody AS Dalimunthe menilai sejumlah sentimen terutama dari luar negeri berpotensi mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dalam negeri di semester kedua 2018. Misalnya saja tren pelemahan nilai tukar rupiah yang terjadi.

Tentunya hal ini juga bisa merembet ke kondisi bisnis asuransi umum. Diantaranya terkait laju investasi dan peningkatan sejumlah komponen yang mempengaruhi klaim akibat penguatan dolar.

Meski begitu, ia masih menjaga optimisme pertumbuhan bisnis asuransi umum di tahun ini masih bisa lebih baik ketimbang tahun kemarin. “Saya lihat masih bisa tumbuh setidaknya sebesar 10%,” kata dia baru-baru ini.

Salah satunya karena pelaku usaha asuransi umum saat ini masih aktif membuka pasar-pasar baru yang sebelumnya belum dioptimalkan. Misalnya, dengan menggenjot sejumlah lini bisnis semisal asuransi tanggung gugat, asuransi kredit, asuransi pengangkutan, hingga asuransi aneka.

Sejauh ini upaya tersebut cukup berhasil mensubtitusi bisnis dari bisnis yang masih cukup menantang. Misalnya saja asuransi properti yang mengalami penurunan premi di awal tahun ini.

Sementara itu sampai bulan Mei 2018 kemarin, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat sektor industri ini mengumpulkan premi bruto sebanyak Rp23,8 triliun. Sementara pada periode yang sama di 2017, perolehan premi bruto pelaku usaha asuransi umum menyentuh Rp20,4 triliun.

Artinya secara tahunan, premi bruto yang didapat

Premi Asuransi Jiwa Tumbuh 31,2% Hingga Mei

perbandingan-asuransi-jiwa-fotolia-770x430Selamat pagi para pembaca setia OCI~ bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat sehingga kita semua dapat menjalankan aktivitas kita dengan lancar seperti biasanya. Berjumpa kembali di hari Jumat tanggal 6 Juli 2018. Pada ulasan kali ini OCI akan membahas mengenai pertumbuhan premi asuransi jiwa per Mei tahun ini. Lima bulan pertama 2018 menjadi periode yang cukup manis bagi bisnis asuransi jiwa. Premi yang didapat dari industri asuransi ini meningkat signifikan dari tahun lalu.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, perolehan premi industri asuransi jiwa mencapai Rp81,13 triliun hingga Mei 2018. Jumlah itu naik 31,19% dibandingkan periode yang sama di tahun lalu. Continue reading

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik untuk Kita dan Keluarga

ilustrasi-siluet-keluargaSelamat pagi Sahabat OCI~ bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat sehingga kita semua dapat menjalankan aktivitas kita dengan lancar seperti biasanya. Berjumpa kembali di hari Senin tanggal 2 Juli 2018. Pada ulasan kali ini OCI akan membahas mengenai tips memilih asuransi kesehatan untuk keluarga. Permasalahan kesehatan adalah sesuatu yang sangat penting dan tidak dapat  kita prediksi terkadang risiko yang mengancam kesehatan kita muncul di waktu yang tidak terduga-duga.

Untuk mengantisipasi risiko tersebut yang pasti akan menimbulkan kerugian untuk kita dan keluarga, caranya adalah dengan menggunakan perlindungan komplit untuk kesehatan. Asuransi kesehatan adalah jawaban tepat untuk perlindungan kita. Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan saat memilih asuransi yang akan kita pilih. Untuk tips-tips seputar asuransi lainnya yang mungkin berguna. Continue reading