Category Archives: News

NPWP Pribadi: Ini Syarat dan Cara Pembuatannya

metode

Selamat pagi para pembaca setia OCI~ bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat sehingga kita semua dapat menjalankan aktivitas kita dengan lancar seperti biasanya. Berjumpa kembali di hari Jumat tanggal 15 Februari 2019. Pada ulasan kali ini OCI akan membahas mengenai NPWP. Sebagai warga negara Indonesia, mungkin kita sudah paham atau setidaknya sudah pernah mendengar tentang NPWP. Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP adalah nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajban dalam urusan perpajakan.

NPWP wajib dimiliki warga Indonesia, baik itu perorangan maupun badan usaha. NPWP ini dijadikan sebagai sarana administrasi perpajakan atau acuan untuk membayar pajak, juga menjadi persyaratan sejumlah pelayanan umum, seperti pengajuan kredit, pembuatan sponsor dan sebagainya. Continue reading

Berencana untuk Pensiun Dini? Pertimbangkan untuk Jalani Bisnis Ini

PENSIUN 2Menghabiskan sepanjang usia untuk bekerja kantoran memang kerap menimbulkan kejenuhan. Maka dari itu, tak heran banyak karyawan yang memutuskan untuk pensiun dini dan membangun usaha sendiri. Jika kamu adalah salah satunya, tak perlu khawatir soal dana. Sebab, ada banyak pilihan pinjaman dana tunai tanpa jaminan yang bisa menjadi solusi modalmu.

Di usia yang terbilang muda, kita yang memutuskan untuk pensiun dini masih punya kesempatan untuk mendirikan bisnis. Tapi, mengingat kamu tak akan mendapatkan penghasilan pasti setiap bulannya, penting untukmu dalam memilih jenis bisnis yang akan dijalani setelah pensiun nanti. Kamu haris memiliki perencanaan yang matang supaya bisnis tersebut bisa menghasilkan pendapatan yang paling tidak sama dengan gajimu dulu. Untuk memudahkanmu, berikut rangkuman tentang beberapa pilihan bisnis yang bisa dipilih saat pensiun dini nanti.

Travel Writer

Memasuki masa pensiun, artinya saatnya menikmati indahnya dunia, tanpa waktu yang terbatas ataupun beban pekerjaan yang menumpuk. Kamu bisa mengisi masa pensiunmu dengan bepergian keliling dunia. Tentu saja, butuh banyak dana yang dibutuhkan untuk melakukan hal ini. Tapi, kalau kamu pintar mencari peluang, justru kegiatan ini bisa menghasilkan uang lho.

Bagaimana caranya? Saat melakukan perjalanan, buat tulisan tentang destinasi yang kita kunjungi. Lebih baik lagi kita memotret segala hal yang kita temui secara profesional. Tulis cerita perjalananmu dan kirimkan ke majalah atau situs traveling. Dari sana, kita bisa menghasilkan bayaran.

Jika kita memiliki blog pribadi dengan jumlah pengunjung yang banyak, akan lebih mudah lagi menjadikannya ladang uang. Buat proposal rencana perjalananmu kepada brand yang visinya sejalan dengan isi blog-mu. Minta mereka untuk mensponsori perjalananmu. Ini sama saja dengan kita dibayar untuk liburan~

Apabila kita masih merintis bisnis ini, jangan berkecil hati. Mulai perjalananmu dengan modal yang bisa didapatkan dari pinjaman dana tunai tanpa jaminan. Banyak penyedia pinjaman dana tunai tanpa jaminan di luar sana yang bisa dipilih, tapi pastikan kembali untuk memilih yang dijamin aman dan terpercaya ya.

Budidaya Tanaman atau Binatang

Penat dengan suasana ibukota dan memilih untuk menetap di kampung halaman selama masa pensiunmu? Tak masalah, ada banyak cara untuk mendapatkan uang dari sana. Salah satunya adalah melalui budidaya tanaman atau binatang yang bisa menghasilkan uang besar. Kamu bisa mencoba budidaya ikan patin. Dengan perawatan lebih mudah dibandingkan budidaya ikan lele, kita bisa mengantongi omzet puluhan hingga ratusan juta rupiah per bulannya dari budidaya ikan tersebut.

Kita juga bisa memilih budidaya jamur tiram, salah satu tanaman yang banyak disajikan pada menu makanan khas China. Ternyata, belum banyak orang yang mendalami jenis budidaya ini, padahal permintaannya cukup tinggi. Maka dari itu, jika ditekuni dengan serius, budidaya jamur tiram bisa membuatmu kaya raya.

Bisnis budidaya ikan atau tanaman memang membutuhkan dana yang cukup besar. Manfaatkan sebagian uang pensiunmu untuk membangun bisnis ini. Apabila dananya masih kurang, manfaatkan layanan pinjaman dana tunai tanpa jaminan yang banyak beredar di luar sana. Tapi tentu saja, pilih yang bunganya masuk akal dan sesuai dengan kondisi keuanganmu.

Jasa Ekspedisi

Jenis bisnis satu ini juga bisa dipilih apabila kita memutuskan untuk menghabiskan masa pensiun di kampung halaman. Jasa ekspedisi menjanjikan keuntungan menggiurkan untuk dijalani. Sebab, banyak warga yang tinggal di kampung mengirimkan paket untuk keluarga atau kerabat mereka yang tinggal di luar kota.

Menjamurnya toko online juga membuat banyak warga kampung memiliki usaha online. Mereka tentunya membutuhkan jasa ekspedisi untuk mengirimkan barang jualan mereka ke pembeli. Supaya lebih mudah, kita bisa membeli lisensi waralaba dari brand jasa ekspedisi yang sudah terkenal dan terpercaya seperti JNE, atau TIKI.

Apapun jenis usaha yang kita pilih untuk mengisi masa pensiunmu, lakukanlah yang sesuai minat dan kemampuanmu. Pikirkan dengan matang rencana bisnis agar kamu bisa lebih mudah dalam menjalani usaha tersebut nantinya. Jangan lupa juga untuk bersikap bijak jika kamu memanfaatkan pinjaman dana tunai tanpa jaminan sebagai tambahan modal. Selamat berbisnis~

Sumber: Cermati.com

Sukses di Usia Muda, 7 Hal ini Menjadi Kuncinya

SUCCESHalo para pembaca setia OCI~ bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat sehingga kita semua dapat menjalankan aktivitas kita dengan lancar seperti biasanya. Berjumpa kembali di hari Selasa tanggal 12 Februari 2019. Pada ulasan kali ini OCI akan membahas mengenai beberapa langkah untuk mencapai kesuksesan di usia muda. Mencapai sukses di usia muda bukan hal yang mustahil untuk diwujudkan. Ada tiga kunci utama yang dibutuhkan yakni usaha, kerja keras dan pengorbanan. Jika ketiga kunci ini sudah dilakukan, maka kesuksesan akan segera datang.

Namun, perjalanan menuju sukses tidak pernah mulus. Ada berbagai hal lain yang sering kali menjadi penghalang kesuksesan. Tak perlu ragu, tetaplah kejar berusaha dan perhatikan tujuh kunci sukses berikut ini agar sukses di usia muda bisa kita raih. Continue reading

Ada Kartu Kredit Syariah, Apa Saja Perbedaannya Dibandingkan Kartu Kredit Konvensional?

potensi-ekonomi-syariahSelamat pagi para pembaca OCI~ bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat sehingga kita semua dapat menjalankan aktivitas kita dengan lancar seperti biasanya. Berjumpa kembali di hari Jumat tanngal 8 Februari 2019. Pada ulasan kali ini OCI akan membahas mengenai apa perbedaan dari kartu kredit syariah dengan kartu kredit konvesnional. Kita semua tahu bahwa sekarang ini, selain Lembaga keuangan konvensional, ada juga Lembaga Keuangan berbasis Syariah. Ya, kehadiran Lembaga Keaungan berbasis syariah tersebut pun tentu saja menjadi angin segar untuk sejumlah masyarakat yang menginginkan alternatif perbankan, utamanya mereka yang menginginkan kegiatan finansial berlandaskan hukum-hukum syariat Islam.

Hal yang kemudian dimanfaatkan pula oleh sejumlah Lembaga Keuangan Konvensioanl untuk turut meluncurkan produk Syariahnya ke khalayak. Nah, hal menarik yang akan dibahas pada artikel kali ini yaitu soal salah satu produk yang dimiliki oleh Lembaga Keuangan Syariah seperti Bank Syariah, yakni kartu kredit Syariah. Continue reading

Pengertian Viral Marketing dan Strategi Penerapannya dalam Bisnis

Pengertian-ekonomi-perusahaanHalo pembaca setia OCI~ bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat sehingga kita semua dapat menjalankan aktivitas kita dengan lancar seperti biasanya. Berjumpa kembali di hari Jumat tanggal 1 Februari 2019. Pada ulasan kali ini OCI akan membahas mengenai pengertian viral marketing dan strategi penerapannya dalam bisnis. Saat ini bisnis online memang begitu menjanjikan, apalagi dengan didukung metode pemasaran yang begitu beragam saat ini dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar kedepannya. Salah satu tekhnik pemasaran yang saat ini sering dilakukan adalah viral marketing. Metode ini memang cukup tepat digunakan di era digital saat ini.

Viral marketing sendiri memiliki konsep yang serupa dengan world of mouth atau yang dapat dikatakan sebagai metode menyebarkan pesan kepada konsumen melalui kata-kata. Konsep dari viral marketing ini lebih memanfaatkan penggunaan jaringan sosial di dalam dunia maya.  Untuk memahami lebih lanjut terkait virtual marketing, berikut ini pengertian serta penerapan strategi viral marketing dalam dunia bisnis. Continue reading

Ramalan Bencana Alam Menghantui, Pilih Asuransi Ini untuk Perlindungan Diri

peta-indeks-rawan-bencana-Indonesia-tahun-2012Selamat pagi para pembaca setia OCI~ bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat sehingga kita semua dapat menjalankan aktivitas kita dengan lancar seperti biasanya. Berjumpa kembali di hari Selasa tanggal 29 Januari 2019. Pada ulasan kali ini OCI akan membahas mengenai pilihan asuransi yang dapat kita pilih untuk perlindungan diri. Untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak. Peribahasa ini mengingatkan kita sebagai manusia bahwa bencana alam dapat terjadi kapan saja tanpa mengenal waktu dan tempat karena sudah menjadi goresan takdir dari Tuhan Yang Maha Esa. Setiap orang pun berhak melindungi diri, keluarga maupun harta benda dari bencana alam dengan asuransi.

Sabtu malam, 22 Desember 2018 menjadi malam mencekan bagi warga pesisir Banten bagian barat dan sebagian wilayah di Lampung Selatan. Daerah wisata tersebut diterjang tsunami tanpa peringatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Ratusan nyawa melayang, belasan ribu orang luka-luka. Kerugian materiil yang ditimbulkan juga besar karena ribuan rumah, kendaraan, fasilitas publik rusak berat akibat tsunami Selat Sunda. Continue reading

Kepribadian dan Sukses Anda Bisa Ditebak dari Cara Memperlakukan Uang

metodeHalo para pembaca setia OCI~ bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat sehingga kita semua dapat menjalankan aktivitas kita dengan lancar seperti biasanya. Berjumpa kembali di hari Senin tanggal 28 Januari 2019. Pada ulasan kali ini OCI akan membahas mengenai

Banyak orang bekerja dan berbisnis untuk menghasilkan uang. Uang ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan membeli barang atau jasa. Berapapun jumlahnya, uang tetap bernilai dan bermanfaat bagi setiap orang. Continue reading

Jangan Bingung! Ini Cara Mengatasi Bisnis yang Stagnan

ekonomi digitalSelamat pagi para pembaca setia OCI~ bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat sehingga kita semua dapat menjalankan aktivitas kita dengan lancar seperti biasanya. Berjumpa kembali di hari Kamis tanggal 24 Januari 2019. Pada ulasan kali ini OCI akan membahas mengenai bagaimana cara mengatasi bisnis kita yang stagnan. Menjalankan bisnis dan telah memiliki pengalaman, kita tentu menikmati setiap proses yang terjadi di dalamnya. Bisnis memang memiliki banyak tantangan, sehingga kita akan membutuhkan strategi untuk menjalankannya.

Tentu saja, bisnis tidak selalu berjalan dengan lancar. Terkadang mengalami perlambatan bahkan stagnan dan tidak berkembang. Jika tidak segera diatasi, bukan tidak mungkin kondisi ini akan membuat kita segera gulung tikar. Kita tentu tidak menginginka kondisi seperti ini, bukan? Maka, penting untuk mengatasi bisnis yang stagnan dengan tepat sejak awal, sehingga kondisi ini tidak berlarut-larut dan menyebabkan berbagai masalah di dalam bisnis kita. Penanganan ini tentu sangat beragam, tergantung pada jenis dan skala bisnis yang sedang kita jalankan saat ini. Namun apapun bisnis kita, pastikan mengatasi masalah ini sesegera mungkin. Continue reading

Cara Sederhana Mengembangkan Diri agar Hidupmu Sukses

Perencanaan-Keuangan-Finansialku-Perencana-Keuangan-Independen-Konsultasi-Perencanaan-KeuanganSelamat pagi para pembaca setia OCI~ apa kabarnya hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat sehingga kita semua dapat menjalankan aktivitas kita dengan lancar seperti biasanya. Berjumpa kembali di hari Rabu tanggal 23 Januari 2019. Pada ulasan kali ini OCI akan membahas mengenai cara sederhana bagaimana kita mengembangkan diri kita agar kita meraih kesuksesan.

Memiliki kepribadian menyenangkan dengan berbagai potensi menjadi keinginan banyak orang, mungkin kamu salah satunya. Potensi harus selalu diasah atau digali lebih dalam sehingga betul-betul terlihat jelas arahnya. Dengan memaksimalkan potensi atau bakat yang ada, kamu akan lebih percaya diri dalam berkarier. Continue reading

Reksa Dana Saham Atau Reksa Dana Pasar Uang?

Perencanaan-Keuangan-Finansialku-Perencana-Keuangan-Independen-Konsultasi-Perencanaan-KeuanganSelamat pagi para pembaca setia OCI~ bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat sehingga kita semua dapat menjalankan aktivitas kita dengan lancar seperti biasanya. Berjumpa kembali di hari Senin tanggal 21 Januari 2019. Pada ulasan kali ini OCI akan membahas mengenai reksa dana.Berdasarkan cara kerjanya Reksa Dana terbagi menjadi dua kategori umum: reksa dana tertutup dan reksa dana terbuka. Perbedaannya terletak pada proses jual beli, dimana untuk reksa dana tertutup hanya dilakukan pada saat penawaran umum perdana, sementara pada reksa dana terbuka berlangsung secara berkelanjutan. Pada reksa dana terbuka, unit penyertaan ini jual dijual secara berkelanjutan oleh agen penjual, yang dapat merupakan perusahaan itu sendiri, maupun perantara perdagangan, bank atau agen asuransi.

Nilai imbal balik investasi dihitung dengan sistem nilai aktiva bersih (NAB) dan bisa dengan mudah diketahui dengan cara mengunjungi website perusahaan tersebut. Surat kabar finansial yang terkemuka juga mencantumkan NAB dari berbagai reksa sana juga bisa menjadi sumber informasi lainnya. NAB dari reksa dana terbuka, bergerak naik turun setiap hari seiring dengan perubahan nilai kepemilikannya. Investor jangan sampai terpancing dengan pergerakan ini untuk melakukan tindakan jual atau beli, pastikan tindakan kita sesuai dengan rencana keuangan yang sudah kita buat. Continue reading