Tips Mengelola Gaji dengan Efektif

uang

Selamat Pagi Sahabat OCI, diawal pekan yang penuh semangat ini kita akan membagikan beberapa tips tentang cara mengelola uang gaji dengan efektif. Agar “kerja 1 bulan tidak habis dalam waktu semalam”. Pernah mengalami hal tersebut? Mengelola uang memang menjadi tantangan tersendiri bagi seorang karyawan. Perilaku boros menjadi salah satu lawan terberat yang memicu lenyapnya uang gaji tanpa disadari. Alangkah baiknya jika kita menghargai hasil jerih payah kita selama sebulan dengan bijak.

Beberapa tips dari economictimes.com ini layak untuk ditiru tentang bagaimana mengelola gaji dengan efektif.

1.Punya anggaran
Memiliki anggaran adalah keharusan.Mulailah membuat anggaran yang rapi agar pengeluaran dapat dikontrol. Bayarlah terlebih dahulu hal yang merupakan kewajiban, misalnya hutang atau tagihan kartu kredit. Selanjutnya, sisihkan sebagian uang guna ditabung dan sisanya untuk keperluan sehari-hari hingga gaji berikutnya. Dengan perencanaan keuangan yang baik, tak menutup kemungkinan Anda bisa berinvestasi untuk masa depan.

2.Kumpulkan bukti slip gaji
Kumpulkan slip gaji pertama hingga bukti gaji saat ini. Hal ini guna membaca setiap kesalahan pada setiap pengeluaran serta pendapatan. Pastikan setiap pemotongan sesuai dengan bonus, kenaikan atau insentif serta pengeluaran. Jika mengalami kesusahan dalam mengolah gaji, tak ada salahnya Anda menghubungi ahli akuntasi.

3.Dahulukan membayar tagihan
Mulailah hari penggajian Anda dengan membayar tagihan terlebih dahulu, seperti tagihan listrik dan telepon. Hal itu lebih penting dibandingkan dengan memikirkan kebutuhan gaya hidup. Selanjutnya, membayarkan tagihan kartu kredit lalu sisanya dapat digunakan untuk menabung.

4.Pikirkan diri sendiri
Di samping bekerja, pikirkan pula untuk kebutuhan sehari-hari sehingga dapat menyisihkan pengeluaran pribadi. Hal itu bisa ditempuh dengan cara menyisihkan anggaran untuk berbelanja, liburan, berpesta selama satu bulan.

5.Dana untuk investasi dan asuransi
Berpikirlah untuk mulai memiliki investasi dan mengikuti asuransi atau mendepositokan uang yang bisa ditarik sesuai persetujuan. Dengan cara ini, bisa dibilang Anda sama saja menabung disiplin.

6.Segera bikin tabungan darurat
Kadang dalam bulan ini ada kebutuhan yang mendadak. Mulailah untuk mempergunakan celengan, mungkin dalam bentuk mainan yang selalu ada di kamar agar ingat selalu untuk menabung. Setelah itu, dalam 3 bulan dapat diketahui berapa banyak uang yang ada sudah tabungkan. Hal ini salah satu alternatif sederhana selain melakukan investasi maupun asuransi.

Semoga tips diatas bermanfaat untuk kita semua. seberapa besarpun gaji yang kita terima akan cukup bila kita anggarkan dengan bijak, begitupun sebaliknya. Sebagai karyawan yang masih dalam katagori usia produktif inilah waktu yang paling tepat untuk kita menata dan mengatur keuangan agar kita terhindar dari kesulitan keuangan dimasa depan.

sumber : jobStreet.com

2 comments

  1. Hai OCI, saya setuju dengan ulasan diatas, bagaimana kita bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Btw saya baru saja bekerja dan berniat untuk membeli asuransi, menurut OCI berapa persen dari gaji 1 bulan yang dapat dianggarkan untuk membayar asuransi?

    Thanks :)

    1. Dear Joko, Beberapa situasi darurat memerlukan dana yang relatif besar dan sering kali dana darurat yang ditabung tidak mencukupi untuk dipergunakan membayar setiap keadaan darurat tersebut. Lindungi keamanan keuangan Anda akibat situasi darurat yang berdampak besar dengan proteksi asuransi. Mengalokasikan penghasilan untuk membayar premi asuransi sebesar 10% dari gaji membuat hidup Anda aman dan nyaman :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>