Polis Asuransi Jiwa Perorangan dan Kumpulan

Polis adalah perjanjian yang menjadi dasar perikatan antara Perusahaan Asuransi dengan Tertanggung. Pada umumnya polis asuransi jiwa dikelompokan kedalam dua lini bisnis yaitu:

v  Polis asuransi jiwa perorangan

v  Polis asuransi jiwa kumpulan

Polis Asuransi Jiwa Perorangan

Polis asuransi jiwa perorangan adalah produk asuransi jiwa yang dipasarkan secara perorangan. Oleh karena sifatnya yang demikian maka proses seleksi terhadap calon tertanggung dilakukan secara orang per orang, sehingga sangat memungkinkan tarip preminya menjadi lebih mahal dikarenakan oleh biaya proses seleksi tersebut,. Selain itu, premi asuransi jiwa perorangan juga sangat bervariasi dikarenakan oleh perbedaan kondisi dan karakteristik (misalnya: tingkat kesehatan dan jenis pekerjaan) masing-masing calon tertanggung. Tarip premi ditetapkan berdasarkan pada tingkat mortalita, besarnya biaya (loading atau expens), dan juga tingkat bunga (interest rate) serta strategi pemasaran yang diaplikasikan oleh perusahaan.

Dalam asuransi perorangan,,setiap polis diterbitkan atas dasar pertimbangan karakteristik orang per orang, sehingga meskipun beberapa polis diterbitkan untuk individu yang usianya relatif sama, manfaat dan uang pertanggungannya persis sama besarnya, jangka waktu asuransinya juga sama, sangat dimungkinkan besaran preminya berbeda, misalnya karena kondisi kesehatan atau hobinya yang berbeda.

Pelayanan untuk polis asuransi jiwa perorangan seperti ini, dilakukan secara langsung kepada Pemegang Polis (Policyholder) dan atau Tertanggung (The Insured Person). Sesuai dengan sifatnya, maka dalam polis asuransi jiwa perorangan, setiap nasabah akan diperlakukan secara perorangan.

Polis Asuransi Jiwa Kumpulan

Polis asuransi jiwa kumpulan, ada juga yang menyebutnya dengan istilah polis asuransi jiwa kolektif, adalah produk asuransi jiwa yang dipasarkan secara kolektif (bukan orang per orang). Oleh karena sifatnya yang demikian itu, maka proses seleksi risiko terhadap calon tertanggungnya juga dilakukan secara kolektif, misalnya dalam menghitung besarnya tarip premi didasarkan pada usia rata-rata dari seluruh usia orang-orang yang dirinya akan dipertanggungkan.

Dalam prakteknya, ada pula perusahaan asuransi jiwa yang mempergunakan nilai median sebagai dasar perhitunganya. Pengguna metode perhitungan dengan rata-rata usia atau nilai median tersebut tegantung pada kebijakan perusahaan dan biasanya ditetapkan berdasarkan pada pengalaman yang telah dilaluinya dalam kegiatan operasionalnya.

Penggunaan tingkat mortalita dalam perhitungan tarip premi diatas, terjadi subsidi silang antara mereka yang berusia muda dengan mereka yang berusia lebih tua, dan juga antara mereka yang lebih sehat dengan mereka yang kurang sehat, sehingga proses seleksinya lebih sederhana. Kalau polis asuransi jiwa perorangan merupakan “retail business”, maka polis asuransi jiwa kumpulan dikelompokkan kedalam golongan “corporate business” yang dipasarkan kepada kelompok-kelompok orang, perusahaan, lembaga, institusi, atau organisasi, seperti dibawah ini:

  • Asuransi bagi Guru-Guru di sebuah SMA
  • Asuransi bagi para karyawan perusahaan BUMN/BUMD/Swasta
  • Asuransi bagi anggota profesi/koperasi

Dalam polis asuransi jiwa kumpulan, hanya diterbitkan satu polis dalam setiap produk yang disebut Polis Induk (Master Policy) atas nama pimpinan atau nama pejabat yang ditunjuk sebagai Pemegang Polis, biasanya Direktur Utama, Pimpinan Lembaga atau Yayasan, Pimpinan Organisasi dan sejenisnya. Sedangkan orang-orang yang atas dirinya dipertanggungkan disebut sebagai Peserta Asuransi (Participant). Bagi peserta tersebut akan diterbitkan sertifikat atau Insurance Certificate atas nama masing-masing.

Sumber: Dasar-dasar Asuransi: Jiwa, Kesehatan dan Annuitas, 2011

2 comments

  1. Dear,
    Mohon informasinya mengenai perusahaan asuransi jiwa yang dapat menangani menangani asuransi jiwa kumpulan bagi karyawan perusahaan.

    Terimakasih

    1. selamat pagi.Asuransi jiwa kami dapat memenuhi apa yang bapak butuh kan. bapak dapat menghubungi kami di 021-57930008. atau bapak dapat meninggalkan contac yang bisa kami hubungi , terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>