Kenapa Orang Sulit Menabung? Oh.. Karena Terlalu Sering Nongkrong

Menabung adalah salah satu kegiatan positif yang sudah diajarkan orang tua kepada kita sejak dini. Manfaat yang ingin dicapai adalah agar kita terbiasa menabung hingga dewasa nanti. Banyak manfaat yang didapatkan dengan menabung, salah satunya adalah keadaan finansial yang sehat di masa depan. Kalau keadaan finansial sudah sehat, kita tidak perlu lagi pusing-pusing untuk memikirkan kehidupan hari tua.

Menabung menjadi kegiatan yang gampang-gampang susah untuk dilakukan. Orang dengan penghasilan yang besar sekalipun terkadang kebablasan dan tidak bisa menabung, apalagi orang yang penghasilannya rendah. Jika diteliti, bisa tidaknya seseorang menabung sebenarnya tergantung pada kemauan dan kedisiplinan dalam mengelola keuangan.

Mengapa seseorang sulit menabung? Berikut adalah alasan klasik yang menjadi penyebabnya.

1. Menganggap Penghasilan Pas-pasan

Kecilnya penghasilan yang diterima dijadikan sebagai alasan untuk membela diri. “Bagaimana bisa menabung, penghasilan saja pas-pasan. Ini juga sudah bersyukur bisa hidup dengan gaji segini”, perkataan ini memang kerap kali diucapkan. Kalau ditelaah, sebenarnya tidak bergantung pada berapa penghasilan yang diterima. Karena pakar keuangan mengatakan, semakin besar penghasilan yang diterima akan keinginan untuk menghabiskannya juga semakin besar. Hal inilah yang membuat kita tidak bisa menabung.

2. Punya Utang

Setiap orang memang memiliki utang. Bahkan orang kaya sekalipun. Utang adalah langkah yang ditempuh ketika kita memiliki keperluan mendadak dan saat itu tidak mempunyai uang untuk membiayai kebutuhan tersebut.

Kita tidak dilarang untuk berutang, namun sadari bahwa kebiasaan berutang disana-sini kerap kali membuat kita tidak bisa menabung. Bisa dikatakan setiap kali kita menerima gaji, gaji tersebut langsung habis hanya untuk membayar utang dan tidak ada lagi yang tersisa untuk ditabung.

Cara terbaik yang harus ditempuh adalah dengan menyisihkan gaji secara otomatis. Jadi sewaktu kita menerima gaji, sempatkanlah waktu untuk pergi ke bank untuk menabung 5% gaji dari total gaji yang diterima.

3. Tidak Memiliki Tujuan Finansial

Jika sulit menabung, salah satu alasan yang menjadi penyebabnya karena mungkin kita belum memiliki tujuan finansial. Dengan kata lain, jikalaupun menabung, kita tidak tahu yang akan diperbuat dengan tabungan tersebut. Hal inilah yang juga membuat kita menabung setengah hati dan tidak bersungguh-sungguh.

4. Mudah Tergoda

Penyakit yang satu ini tidak hanya terjadi pada kaum hawa sana, namun kaum Adam juga mengalaminya. Bahkan ada kaum Adam yang nafsu belanjanya lebih besar ketimbang kaum Hawa. Kebiasaan inilah yang membuat kita sulit menabung.

Seringnya bepergian ke mall, memasuki toko yang satu dan yang lainnya kerap kali membuat kita tergiur. Apalagi jika toko tersebut menawarkan diskon, sudah bisa ditebak pasti salah satu dari barang yang dipajang ada yang dibeli. Padahal setelah sampai di rumah, kita baru menyadari bahwa barang yang dibeli tadi bukanlah yang benar-benar yang dibutuhkan saat ini.

Agar mudah menabung, kita jangan mudah tergiur dengan kata diskon. Berusahalah untuk menahan diri membeli ini itu jika waktunya tidak tepat. Kalau perlu jangan terlalu sering bepergian ke mall apalagi sampai memasuki toko-toko didalamnya.

5. Sering Nongkrong

Nongkrong adalah kebiasaan kaum muda yang sangat sulit dihilangkan. Tanpa nongkrong hidup terasa flat. Padahal kalau dicermati, kebiasaan ini akan membuat keuangan menjadi tidak sehat. Sehabis nongkrong, coba kita hitung lagi berapa biaya yang telah dikeluarkan hanya untuk membeli makan dan minum di kafe tersebut. Misalnya setiap nongkrong menghabiskan uang Rp125.000, kalau dalam sebulan kita nongkrong 10 hingga 15 kali, bagaimana? Setengah gaji yang diterima habis untuk nongkrong saja, bukan? Padahal kita tahu masih banyak kebutuhan lain yang harus dipenuhi.

6. Tidak Memanfaatkan Waktu Senggang

Setiap orang memiliki waktu senggang dalam hidupnya. Untuk bisa menghasilkan uang, kita perlu memanfaatkan waktu senggang yang dimiliki. Istilah waktu senggang dengan kegiatan-kegiatan positif yang bisa menghasilkan uang. Misalnya menjadi seorang vlogger, penulis, fotografer atau pedagang online.

Bulatkan Tekad untuk Menabung

Menabung bukan menjadi hal yang sulit jika benar-benar bertekad untuk melakukannya. Agar sukses dengan cepat, kita juga perlu menghindari beberapa poin yang telah disebutkan diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>