Fakta Seputar Unit Link

asuransi-vs-investasiHallo Sahabat OCI~ berjumpa kembali di hari Kamis tanggal 2 November 2017. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat sehingga kita semua dapat menjalankan aktivitas kita dengan lancar seperti biasanya. Pada ulasan kali ini OCI akan membahas mengenai Unit Link yang menjadi salah satu produk asuransi yang sering dipasarkan oleh agen, baik secara langsung atau pun melalui telepon. Kelebihan yang ditawarkan agen dari produk unit link dibanding dengan produk asuransi lain adalah unit link merupakan produk yang memberika dua keuntungan.

Keuntungan pertama adalah unit link memberikan perlindungan seperti produk asuransi biasanya. Kelebihan kedua, unit link juga memberikan imbal hasil. Pasalnya, uang premi yang dibayarkan sebagian digunakan untuk membayar proteksi dan sebagian lagi ditempatkan untuk investasi ke produk reksa dana.

Perencana keuangan Safir Senduk menjelaskan, unit link sangat cocok bagi mereka yang menyukai kepraktisan. “Cukup beli satu produk dapat dua sekaligus, perlindungan asuransi dengan investasi,” jelas dia.

Sayangnya, biasanya agen unit link menawarkan ilustrasi yang cukup fantastis. Jika kita membeli unit link maka akan mendapat imbal hasil yang tinggi dalam jangka waktu yang panjang. Hal itu tidak salah karena memang secara jangka panjang produk tersebut bisa memberikan imbal hasil seperti dalam ilustrasi.

Namun hal yang perlu kita ketahui adalah produk dasar dari unit link adalah asuransi yang memberikan perlindungan. Oleh karena itu jangan terlalu fokus kepada imbal hasil.

Karena produk asuransi maka jangan kaget di tahun pertama hingga tahun kedua premi yang dibayarkan akan dialokasikan lebih banyak ke proteksi. Kemudian untuk tahun-tahun berikutnya alokasi dana untuk proteksi akna berkurang sedikit demi sedikit.

“Jadi perlu diketahui dulu produk unit link itu bukan untuk jangka pendek,” kata dia.

Oleh karena itu, Safir merekomendasikan pemilik unit link sebaiknya tidak memutus kontrak di tengah jalan terutama di tahun-tahun awal karena hal tersebut justru pemborosan. Memutus kontrak di awal justru proteksi dan investasi tidak akan maksimal.

Ia mengibaratkan produk unit link dengan sampo dan kondisioner. Jika memang menginginkan hasil yang maksimal maka sebaiknya memberi produk sampo sendiri dan kondisioner sendiri. Namun jika menginginkan kepraktisan maka bisa membeli produk sampo yang juga didalamnya ada kondisioner.

“Membeli produk asuransi sendiri dan produk investasi sendiri maka hasilnya akan maksimal. Tapi ada orang yang ingin praktis, tak mau ribet dengan membeli dua produk,” kata Safir.

Sumber: bisnis.liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>