Rokok Menyebabkan Orang Jadi Miskin

stop-smoking-730x355

Selamat pagi Sahabat OCI~ bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat sehingga kita semua dapat menjalankan aktivitas kita dengan lancar seperti biasanya. Berjumpa kembali di hari Jumat tanggal 12 Januari 2018. Pada ulan kali ini OCI akan membahas mengenai kenaikan harga pada rokok kretek berkontribusi 9,98% pada peningkatan angka kemiskinan. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro mengatakan kenaikan harga pada rokok tidak bisa dianggap enteng.

“Cuma jangan menganggap kita [pemerintah] juga akan menjaga rokok supaya tidak naik, kalau gitu mereka salah besar,” katanya dalam Konfrensi Pers Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, di Jakarta, Selasa (9/1/2018).Dia mengatakan fenomena ketergantungan masyarakat terhadap komoditas yang tidak produktif seperti ini haruslah dihilangkan, dan tidak seharusnya rokok membuat orang susah.

Berdasarkan paparannya, kontribusi rokok terhadap angka kemiskinan memang tinggi yakni 9,98% di perkotaan dan 10,70% di pedesaan.Namun angka tersebut sudah menunjukkan penurunan dibandingkan dengan data 2014, yang kontribusinya mencapai 11,18%.

Disamping itu, Bambang mengatakan tren konsumsi masyarakat Indonesia sudah mulai mengarah tren konsumsi makanan sehat.Hal tersebut dikarenakan, semenjak 2016 daging sapi berpengaruh pada kenaikan angka kemiskinan.Pengaruh daging sapi naik dari 4,98% pada 2016 menjadi 5,71% pada 2017, tetapi pengaruhnya dipedesaan masih kecil, di bawah 4%.

Bambang mengatakan dari semua bahan pangan yang berpengaruh pada kemiskinan, memang beras yang masih mendominasi. Pengaruhnya 18,80% di perkotaan dan 24,52% di pedesaan. “Memang jika ingin mengendalikan angka kemiskinan di pedesaan harus mengendalikan harga beras,” imbuhnya.

Sumber: finansial.bisnis.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>