Ini 4 Tips Lindungi Informasi Pribadi di Dunia Maya

nces(1)Selamat pagi Sahabat OCI~ bagiamana kabarnya  hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat sehingga kita semua dapat menjalankan aktivitas kita dengan lancar seperti biasanya. Berjumpa kembali di hari Jumat tanggal 23 Februari 2018. Pada ulasan kali ini OCI akan membahas mengenai semua layanan online boleh saja mengklaim memiliki tingkat keamanan tinggi, tapi bukan berarti pengguna menjadi tidak memperhatikan keamanan akun. Karena tetap ada kemungkinan penjahat siber bisa membobol informasi pribadi seperti foto, video, data keuangan dan email, sehingga bisa dilihat oleh orang lain.

Sudah menjadi sebuah kewajiban semua orang untuk menjaga informasi pribadi di ranah internet, bukan hanya orang-orang terkenal seperti artis dan politisi. Pengguna internet harus berhati-hati agar semua data penting tersimpan dengan aman.Berikut ada sejumlah tips dari Lutz, untuk menjaga data pribadi agar tidak bocor dan tersebar ke luar:

1. Pakai password berbeda

Kebanyakan orang menggunakan passwird yang sama di semua perangkat dan akun online. Padahal jika menggunakan password unik dan beragam di berbagai akun, penjahat siber akan lebih sulit untuk mengakses informasi kamu.

Penggunaan password yang berbeda mengurangi risiko pembobolan akun yang kamu miliki. Misalnya jika satu akun diretas, hacker tidak  bisa menggunakan password yang sama untuk masuk ke akun yang lain.

2. Pastikan kemanan jaringan internet rumah

Kesalahan umum lain adalah kurangnya perhatian pada jaringan internet rumah. Ketika hacker berhasil menerobos jaringan di rumah, mereka bisa mengakses data di komputer dan perangkat lain yang terhubung dengan jaringan tersebut.

Salah satu cara untuk mengamankan jaringan internet adalah membuat password. Kebanyakan router wireless memiliki password default (bawaan), sebaiknya kamu menggantinya. Password bawaan bisa diprediksi sehingga hacker bisa dengan mudah meretas jaringan internet.

3. Hati-hati ketika mengunduk software

Ketika mengunduh pemindai anti-virus atau software jenis lain di website, pastikan website tersebut terpercaya. Jika tidak, sangat besar kemungkinan software itu akan berbahaya bagi komputer atau perangkat kita.

Untuk mencegahnya, salah satu cara yaitu uncheck atau jangan centang semua fitur tambahan yang biasanya disertakan secara default (bawaan) ketika software akan dipasang. Hal ini bisa mengurangi risiko yang ditimbulkan jika ternyata yang kita unduh adalah software berbahaya.

4. Perhatikan email mencurigakan

Email yang dikirimkan oleh orang tak dikenal kadang bisa mengancam keamanan akun. Para penjahat siber biasanya melampirkan file, yang jika diunduh akan melakuakan proses enkripsi pada komputer kita.

File yang harus diwaspadai adalah .exe dan .bat, tapi tidak menutup kemungkinan tipe yang lain seperti PDF, juga bisa berbahaya. Cara terbaik ketika kita menerima email yang mencurigakan adalah menghapusnya atau menandai sebagai spam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>