Ini 2 Faktor Pendukung Pertumbuhan Premi Asuransi Jiwa Januari 2018

??????????????Halo Sahabat OCI, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat sehingga kita semua dapat menjalankan aktivitas kita hari ini dengan lancar. Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tentang statistik asuransi per Januari 2018 menunjukkan pendapatan premi industri asuransi jiwa tumbuh 44,78%. Total pendapatan premi Januari 2018 tercatat Rp17,64 triliun, atau meningkat 44,78% (year-on-year/yoy) dibandingkan dengan Januari 2017 sebesar Rp12,18 triliun.

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu berpendapat ada dua faktor utama pemicu pertumbuhan tersebut. Pertama, ada realisasi yang tertunda pada akhir 2017 lalu.“Biasanya kalau pada Januari, prospek di tahun lalu, deal-nya baru di Januari, karena dibayar preminya di Januari, ya dicatat Januari,” kata Togar.

Kedua, lanjut Togar, ada pula perusahaan asuransi yang menggenjot seluruh jalur distribusinya pada awal tahun, agar target tahunan tercapai.

“Ada target yang harus dipenuhi kan satu tahun. Kalau tidak dimulai dengan capat, kan bisa bahya,” ujarnya.

Asosiasi diketahui menetapkan pertumbuhan pendapatan premi pada tahun ini berkisar 15,57% jika dibandingkan dengan target premi bruto 2017. Togar mengatakan untuk mencapai target pertumbuhan tersebut, indsutri akan menggenjot seluruh jalur distribusi, kendati kini masih mengandalkan agen dan bancassurance.

“Semua kanal distribusi yang ada kita genjot, dari mulai agen, telemarketing, digital, alternatif distribution channel, kumpulan,” ujarnya.

Selain pendapatan premi yang naik, diketahui pula pada bulan pertama tahun ini aset industri auransi jiwa bertumbuh 30,57% (yoy) menjadi Rp523,01 triliun. Pada periode yang sama total investasi industri mencapai Rp466,06 triliun atau meningkat 34,27% (yoy).

Sumber: finansial.bisnis.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>