OJK Perkuat Regulasi Asuransi

ojk1Selamat pagi Sahabat OCI~ Bejumpa kembali di hari Jumat tanggal 6 April 2018. Pada ulasan kali ini OCI akan membahas mengenai Otoritas Jasa Keuangan yang menegaskan upaya penguatan regulasi bagi industri perasuransian tengah berproses guna menyelesaikan sejumlah kendala di sektor tersebut.

Salah satunya terkait pengaturan dan pengawasan asuaransi mutual yang hingga saat ini hanya baru ada satu di Indonesia, yakni Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 (AJBB).
Sejak Oktober 2016, salah satu perusahaan asuransi tertua di Indonesia ini ditangani langsung oleh pengelola statuter yang ditunjuk OJK agar dapat dipulihkan melalui proses restrukturisasi.

Kepala Eksekutif Pengawas Industri Kesehatan Non Bank (IKNB) OJK Rswinandi mengatakan pihaknya bersama sejumlah intansi lainnya saat ini tengah dalam proses penyusunan Rancangan Peraturan Pemerintah terkait asuransi usaha bersama. Regulasi itu merupakan amanah Undang-Undang No.40/2014 tentang Perasuransian.

“Disamping itu, OJK juga bersama pemerintah mendiskusikan hal-hal yang terkait dengan materi Rancangan UU Penjaminan Polis,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Kamis (5/4/2018).

Dalam penguatan industri asuransi, Riwinandi menjelaskan otoritas juga telah menerbitkan Peraturan OJK No.1/POJK.05/2018 tentang Kesehatan Keuangan Bagi Perusahaan Asuransi Berbentuk Badan Hukum Usaha Bersama.

Dia pun menegaskan pihaknya senantiasa melakukan pembinaan dan pengawasan berkelanjutan terhadap perusahaan asuransi, termasuk AJBB. Perusahaan ini, jelasnya, sedang dalam proses restrukturisasi dengan menempatkan pengelola statuter sejak Oktober 2016.

“Pada saat ini AJBB 1912 sudah dapat beroperasi kembali normal dengan tetap melakukan perbaikan internal secara bertahap,” kata Riswinandi.

Sumber: finansial.bisnis.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>