Kesiapan UMKM Bersaing di Dunia Digital

Pengertian-ekonomi-perusahaan

Selamat pagi Sahabat OCI~ bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat sehingga kita semua dapat menjalankan aktivitas kita dengan lancar seperti biasanya. Berjumpa kembali di hari Jumat tanggal 20 April 2018. Pada ulasan kali ini OCI akan membahas mengenai produk lokal yang ini kualitasnya tidak kalah saing dengan produk luar negeri. Namun, persaingan yang semakin ketat membuat UMKM harus mengembangkan bisnisnya menjadi bisnis online dan masuk ke era digital.

Inilah yang menjadi kesempatan yang diberikan oleh Shopee kepada penggiat UMKM di Indonesia melalui program Kreasi Nusantara. Program ini dinilai sejalan dengan pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai Digital Energy of Asia. Tak hanya itu, program ini diharapkan mampu menggerakkan kemandirianUMKM sehingga memiliki akar yang lebih kuat di dunia digital.Kreasi Nusantara sendiri merupakan program yang didedikasikan untuk memamerkan rangkaian produk lokal Indonesia lintas kategori, seperti fashion, makanan, minuman, produk perawatan kecantikan, perlengkapan rumah tangga dan masih banyak lagi. Radityo Triatmojo selaku Head of Government Relation dari Shopee Indonesia mengatakan bahwa pihaknya ingin mendukung bisnis UMKM secara lebih komprehensif sehingga apa yang dicita-citakan pemerintah bisa terwujud.

“Kita memang punya beberapa program yang membin para penjual. Dari situ edukasi bagi penjual UMKM sudah didapat, sudah tahu cara menjalankan bisnis secara digital. Sekarang kita beri kesempatan untuk UMKM agar lebih mandiri. Shopee menggandeng UMKM agar bisnis mereka bisa lebih baik lagi. Kita kasih explosure juga harapannya, UMKM bisa lebih kuat di dunia digital,” ujar Radityo Triatmojo dalam Grand Launching Kreasi Nusantara di SME Tower.

Radityo menambahkan Shopee menyiapkan sarana prasaranaa digital bagi UMKM untuk menunjukkan dan memasksimalkan potensi mereka. Progrmam ini bekersa dengan empat kementerian sekaligus, yakni Kementerian Perdaganan, Kementrian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan UKM, serta Kementerian Komunikasi dan Indormatika.

Rudiantasa selaku Menteri Komunitas dan Informatika mengatakan sangat mengapresiasi dengan apa yang dilakukan oleh Shopee. Program ini sangat mendukung produk lokal yang eksis di pasaran.”Apa yang dilakukan Shopee. Program ini sangat mendukung produk lokal yang eksis di pasaran.

“Apa yang dilakukan Shopee ini semakin mendukung banyaknya produk lokal, terutama yang diproduksi okeh terman-teman UMKM untuk masuk platform perdagangan modern. Karena saat ini isunya adalah banyaknya produk asing gara-gara online. Padahal, mereka penjual itu bukan importir. Mereka membeli barang produk tersebut di  dalam negeri. Jadi jangan salahkan online. Kalau mau mebdorong lokal lebih banyak lagi, kita harus membuka ruang. Harus memberikan kesempatan dan ini contohnya yang dilakukan oleh Shopee,” kata Rudiantara.

Umber: liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>