CUTI BERSAMA 2018: Pemerintah Putuskan Tetap 7 Hari, Pasar Modal Buka 20 Juni

kalender (1)Selamat pagi Sahabat OCI~ bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat sehingga kita semua dapat menjalankan aktivitas kita dengan lancar seperti biasanya. Berjumpa kembali di hari Senin tanggal 7 Mei 2018. Pada ulasan kali ini OCI akan membahas mengenai pemerintah yang tetap memberlakukan cuti bersama Idulfitri 2018 selama tujuh hari seperti yang telah disepakati sebelumnya,

Hal itu dikemukakan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani seperti informasi yang diterima Bisnis pada hari ini, Senin (7/5/2018).Adapun rincian ketetapan isi dari surat keputusan bersama (SKB) tiga menteri:

Pertama, 11, 12, 20 Juni 2018 tetap cuti bersama, kecuali mendapatkan penugasan khusus utuk menjalankan pelayanan publik, seperti rumah sakit, perbankan, sektor perhubungan, imigrasi dan bea cukai.

Kedua, kementerian terkait akan mengatur penugasan unit kerja dan pegawai yang bertugas. Ketiga, untuk wasta berlaku fakultatif disesuaikan kebutuhan perusahaan dan kesepakatan pengusaha dan karyawan. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya hal tersebut akan diatur lebih lanjut oleh Kemenaker.

Keempat, transaksi pasar modal dan bursa akan dibuka seperti biasa pada 20 Juni. Ketentuan pelayanan tersebut akan diatur oleh Bank Indonesia. Seperti diketahui cuti bersama yan panjang mengundang polemik. Penetapan libur dan cuti bersama Lebaran yang total mencapai 7 hari tersebut dinilai dunia usaha berpotensi menekan produktivita kerja. Para pengusaha pun meminta pemerintah meninjau kembali kebijakan tersebut. Dengan demikian muncul wacana mengenai revisi atas kebijakan cuti bersama selama 7 hari itu.

Dalam SKB Tiga Menteri yang dikeluarkan pada 22 September 2017, cuti bersama ditetapkan sebanyak empat hari yaitu 13, 14, 18, 19 Juni 2018. Hari Idul Fitri diperkirakan jatuh pada 15 dan 16 Juni 2018.

Kemudian, pemerintah menambah tiga hari cuti bersama pada 11-12 Juni 2018 dan 20 Juni 2018 sehingga total cuti bersama menjadi 7 hari. Keputusan ini tercantum dalam SKB Tiga Menteri bernomor 223/2018, nomor 46/2018 dan nomor 13/2018. Pertimbangannya, untuk mengurangi kemacetan arus mudik lebaran.

Sumber: finansial.bisnis.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>