6 Hal dalam Polis Asuransi Jiwa Ini Wajib Kita Baca

home-insurance-policiesSelamat pagi sahabat OCI~ bagaimana kabarnya di hari pertama bulan puasa ini? semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat sehingga puasa kita berjalan dengan lancar bagi yang menjalankannya. Pada ulasan kali ini OCI akan membahas mengenai beberapa hal dalam polis yang wajib kita ketahui. Asuransi jiwa mungkin sudah hal yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Namun, memiliki asuransi jiwa saja tidaklah cukup jika tidak dibarengi dengan pemahaman tentang polis asuransi jiwa. Sayangnya, setelah kita memiliki asuransi jiwa, biasanya kita akan menyimpan rapat polis asuransi jiwa di dalam lemari agar tidak hilang atau rusak.

Padahal polis asuransi jiwa merupakan dokumen legal yang dapat kita andalkan untuk menetapkan hubungan antara nasabah dengan perusahaan asuransi. Di dalamnya terdapat hak sekaligus kewajiban pemegang polis sekaligus ketentuan produk asuaransi yang kita jalani.Memahami hal-hal dalam polis asuransi ini akan mempermudah kita melakukan klaim kemudian hari. Sebelum kita melangkah lebih jauh dalam ketidaktahuan, saatnya kita membuka mata untuk mempelajari hal-hal penting dalam polis asuransi berikut.

Polis asuransi jiwa adalah dokumen yang berisi tentang kesepakatan antara pihak tertanggung dengan perusahaan penanggung. Secara polis asuransi jiwa merupakan kontrak perjanjian antara perusahaan dan kita mengenal pertanggungan risiko kerugian yang mungkin timbul di masa mendatang

Fungsi Polis Asuransi Jiwa

  1. Polis asuransi jiwa dapat berfungsi sebagai bukti tertulis untuk nasabah dan perusahaan asuransi sesuai perjanjian yang telah disepakati.
  2. Untuk nasabah, polis asuransi jiwa merupakan bukti pembayaran premi kepada perusahaan asuransi. Polis tersebut dapat dijadikan bukti untuk menuntut perusahaan asuransi jika tidak memenuhi kewajibannya seperti yang tertera dalam polis.
  3. Polis asuransi jiwa juga berfungsi sebagai jaminan kerugian dari pihak auransi jika terjadi hal-hal yang tertera dalam polis. Bagi perusahaan asuransi, polis merupakan bukti tanda terima premi dari nasabah.

Poin dalam Polis

Setelah polis asuransi jiwa diterbitkan, kita harus membaca dengan cermat tiap poin yang tertera dalam polis agar lebih mudah dalam pelaksanaan asuransi kedepannya. Poin yang harus kita perhatiakn terutama pada bagian berikut:

Perhatikan Poin Premi pada Polis Asuransi Jiwa

Dalam polis juga disebutkan jumlah dan cara pembayaran premi. Kita harus memastikan sistem pembayaran premi sesuai dengan yang dijanjikan perusahaan asuransi sebelum kita membeli asuransi.

Perhatikan Poin Hak dan Kewajiabn Nasabah serta Pihak Asuransi

Baca denngan teliti pada bagian ini, terutama hak dan kewajiban yang telah disepakati. Jika isi polis tidak sesuai perjanjian awal, kita bisa meminta perusahaan asuransi untuk mengubahnya.

Perhatikan Poin Hak dan Kewajiban Nasabah serta Pihak Asuransi

Baca dengan teliti pada bagian ini, terutama hak dan kewajiban yang telah disepakati. Jika isi polis tidak sesuai perjanjian awal, kita bisa meminta perusahaan asuransi untuk mengubahnya.

Perhatikan Premi Pengecualian yang Tertera Pada Polis Asuransi Jiwa

Kita juga harus memastikan hal apa saja yang terdapat dalam pengecualian sehingga kita tidak dapat menikmati manfaat asuransi.

Hak Mempelajari Polis Asuransi Jiwa

banyak pemegang polis asuransi belum menyadari bahwa mempelajari polis adalah suatu hak khusus yang diberikan kepada nasabah. Dengan hak tersebut, perusahaan asuransi memberikan nasabah kesempatan membaca dengan baik isi dari polis asuransi jiwa tersebut.

Kita biasanya diberi jangka waktu 14 hari setelah polis diterbitkan untuk memahami isi dari polis. Bila kita tidak berkenan dengan ketentuan, kita dapat membatalkannya tanpa dikenakan denda dan uang premi yang sudah dibayarkan akan diberika sepenuhnya.

Data Pemegang dan Tertanggung Polis Asuransi Jiwa

Seperti halnya Kartu Tanda Penduduk ataupun rekening bank, polis asuransi jiwa juga merupakan dokumen yang disahkan oleh hukum. Untuk hal-hal yang berkaitan dengan hukum, sebaiknya kita mengecek ulang apakah data yang tertera akurat dan benar.

Lakukan pengisian data secara berhati-hati dan lakukan cek ulang setelah itu. Bila terjadi kesalahan, segera laporkan kepada perusahaan asuransi untuk diperbaiki secepatnya. Data yang benar akan memudahkan kita mendapatkan klaim asuransi di masa depan.

Manfaat Perlindungan yang Tertera Pada Polis Asuransi Jiwa

Kita yang memiliki polis asuransi jiwa sebaiknya membaca manfaat apa saja yang diberikan oleh produk asuransi yang kita jalani. Cermati hal-hal seperti besarnya uang pertanggungan (UP) serta masa waktu pertanggungan agar kita paham berapa besar dan sampai kapan perlindungan asuransi diberikan.

Selain itu, kita juga harus mencermati jatah kamar rawat per hari karena produk asuransi biasanya terdapat dua cara penentuan klaim, yaitu berdasarkan tagihan dan santunan harian. Pelajari pula cara melakukan klaim dan batas waktu pengajuan dokumen agar tidak ditolak asuransi.

Ketentuan Premi dari Polis Asuransi Jiwa

Membicarakan tentang polis asuransi jiwa, kita tidak bisa lepas dari membahas premi asuransi. Oleh karena itu, kita harus mempelajari berapa besar jumlah remi yang harus dibayar sekaligus periode pembayaran, cara pembayaran, hingga mata uang pembayaran.

Tidakh hanya itu, kita harus mempelajari ketentuan jika terlambat membayar premi. Catat grace periode polis asuransi kita tidak segera lapse Bila terjadi lapse, kita dapat melakukan pemulihan polis kembali agar kita kembali terproteksi dengan asuransi.

Ketentuan Perkecualian Polis Asuransi Jiwa

Dalam polis asuransi jiwa kita pasti ada suatu bagian yang menjelaskan mengenai ketentuan perkecualian. Dalam ketentuan perkecualian ini dijelaskan hal-hal apa saja yang menyebabkan polis asuransi jiwa kita ditolak oleh perusahaan asuransi.

Ketentuan Perkecualian Polis Asuransi Jiwa

Dalam polis asuransi jiwa kita pasti ada suatu bagian yang menjelaskan mengenai ketentuan perkecualian. Dalam ketentuan perkecualian ini dijelaskan hal-hal apa saja yang menyebabkan polis asuransi jiwa kita ditolak oleh perusahaan asuransi.

Kita dapat mempelajari ketentuan perkecualian agar dapat mengantisipasi jika klaim yang kita lakukan ditolak. Pelajari dengan baik dan benar agar perusahaan asuransi dapat memberikan perlindungan lebih kepada kita sekaligus kita dapat menerima klaim nantinya bila terjadi musibah.

Potongan Biaya

Selain premi penting untuk dipelajari, biaya yang muncul dari asuransi sendiri juga patut untuk kita pelajari lebih lanjut, Biaya yang dibebankan pada kita kan mengurangi manfaat pemegang polis sehingga perlu untuk kita cermati, terutama asuransi unit link.

Dalam asuransi unit link yang mengandung unsur investasi terdapat beberapa biaya, Biaya pemeliharaan, biaya pertanggungan dasar, biaya perubahan alokasi dana investasi, biaya pengelolaan dana hingga biaya adminsitrasi bulanan akan menjadi beban untuk kita. Jangan sampai justru biaya yang kita keluarkan lebih besar daripada manfaat asuransi yang kita terima.

Sumber: pasarpolis.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>