Belum Punya Aset Tapi Punya Asuransi Jiwa? Inilah Keuntungannya

??????????????Halo Sahabat OCI~ bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat sehingga kita semua dapat menjalankan aktivitas kita dengan lancar seperti biasanya. Berjumpa kembali d hari Kamis tanggal 25 Mei 2018. Pada ulasan kali ini OCI akan membahas mengenai memiliki asuransi kini menjadi salah satu kewajiban bagi semua orang, terutama bagi yang berstatus sebagai kepala keluarga.

Asuransi akan memberikan kita perlindungan ekstra, baik dalam menjamin kesehatan, masa depan anak, maupun berupa santunan kematian untuk keluarga jika meninggal nanti.Ada sejumlah keuntungan asuransi jiwa dibandingkan aset. Namun, sebelum kita menerima manfaat atau  keuntungannya, ada baiknya kenali dahulu jenis asuransi jiwa apa yang akan digunakan.

1. Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life Insurance)

Asuransi jiwa seumur hidup adalah jenis asuransi jiwa yang bisa melindungi kita hingga akhir hayat nanti. Selain itu, asuransi jiwa seumur hidup ini juga bisa memberikan kita ketenangan walaupun sudah meninggal. Keluarga kita pun tetap akan hidup tenang dengan santunan dari premi yang dibayar setiap bulannya.

2. Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life Insurance)

Asuransi jiwa berjangka adalah asuransi yang masa aktifnya terbatas, misalnya saja asuransi hanya aktif 10 tahun, 20 tahun dan lain sebagainya. Asuransi ini bisa melindungi kita dalam jangka waktu tertentu sehingga asuransi ini tidak memerlukan premi dengan jangka waktu yang lama.

3. Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment Insurance)

Jenis asuransi yang ketiga ialah asuransi jiwa dwiguna. Asuransi ini sangat menguntungkan kita. Pertama, kita bisa mendapatkan perlindungan jiwa atau kesehatan. Kedua, kita juga bisa mendapatkan tabungan untuk masa depan.

4. Asuransi Unit Link

Asuransi unit link adalah asuransi yang tidak hanya melindungi, tapi juga mengolah uang kita menjadi sebuah investasi yang memiliki income.

Jiak memilih asuransi unit link, kita otomatis akan mendapatkan asuransi jiwa dan berinvestasi secara tidak langsung. Income dari investasi nantinya juga bisa menekan biaya premi setiap bulan sehingga premi akan lebih murah.

Berikut ini adalah manfaat dan keuntungan asuransi jiwa yang harus kita ketahui.

1. Mudah dalam Melakukan Klaim

Salah satu keuntungan yang kita bisa dapatkan dari asuransi adalah kemudahan dalam klaim. Dengan menjadi nasabah asuransi jiwa, kita bisa mendapatkan uang dari pinjaman polis.

Namun, dalam hal ini, tujuan peminjaman harus jelas, misalnya untuk modal usaha, biaya pendidikan anak, atau untuk menyelesaikan kondisi darurat lainnya.

Manfaat inilah yang bisa kita dapatkan dari asuransi jiwa dibandingan aset sehingga tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan dana yang dibutuhkan.

2. Aset yang Dimiliki Terlindungi

Salah satu manfaat asuransi jiwa adalah adanya penawaran perlindungan aset. Dalam hal ini, kita bisa mengklaim uang asuransi untuk megurus seluruh aset tertanggung yang sudah meninggal dunia.

Uang tersebut bisa digunakan untuk mengurus biaya perpajakan aset tertanggung, proses pewarisan, ataupun pencairan deposito. Bisa juga untuk membayar jasa notaris dalam urusan balik nama rumah atau aset tertanggung lainnya.

Dengan adanya asuransi jiwa, keluarga yang ditinggalkan tidak akan kesulitan untuk mengurus semua aset yang ada. Selain itu, asuransi juga akan memberikan keluarga santunan kematian sehingga keluarga kita bisa hidup nyaman dan tenteram dengan uang santunan tersebut.

3. Memberi Peningkatan Nilai secara Konsisten

Asuransi memberi peningkatan nilai yang aman dan konsisten sehingga nilai tunai dari asuransi jiwa nantinya akan dijamin pihak asuransi. Dengan terjaminnya nilai tunai, kita akan lebih mudah dalam mengakses aset.

4. Fleksibel

Fleksibel dan sedikit pembatasakn ketika kita ingin menakses nilali tunai pada asuransi jiwa. Namun, hal ini jiga bisa dilakukan pada tenggan waktu tertentu setelah menadi nasabah. Hal ini juga akan mempermudah kita untuk bisa menarik dana atau uang yang telah disimpan dalam deposito.

5. Memproteksi Finansial dalam Waktu yang Lama

Manfaat asuransi jiwa lainnya adalah mendapatkan keamanan dalam urusan keuangan dalam jangka panjang. Dalam asuransi jiwa, kita bisa mengambil sebagian nilai tunai sebagai biaya hidup.

Dan tetap menyimpan uang lainnya di asuransi sebagai uang warisan yang bisa kita berikan kepada keluarga ketika sudah meninggal dunia. Dengan adanya uang warisan tersebut, keluarga bisa tetap hidup dengan dana yang kita tinggalkan dalam asuransi.

Keuntungan-keuntungan asuransi jiwa diatas bisa dijadikan pertimbangan ketika akan menggunakan asuransi. Kita bisa memilih jenis asuransi yang memang dibutuhkan.

Jangan sampai kita ceroboh dalam memilih asuransi yang bahkan tidak menguntungkan sama sekali. Teliti sebelum membeli asuransi. Pastikan juga kita sudah mengenali perusahaan asuransi tersebut.

Sumber: ekonomi.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>