Tujuh Langkah Mendongkrak Kinerja Perusahaan

gambarTugas berat telah menanti seluruh pemain industri asuransi umum untuk memutus tren perlambatan pertumbuhan bisnis asuransi umum selama lima tahun terakhir. Tantangan yang dihadapi tidak akan mudah dengan kondisi perekonomian yang masih dalam fase pemulihan dan pertumbuhannya selama beberapa tahun terakhir ini masih di bawah ekspektasi pasar.

Namun, peluang unutk tumbuh tetap ada. Proyeksi pertumbuhan ekonomi pemerintah tahun ini dipatok lebih tinggi dan daya beli diharapkan meningkat serta mendorong bisnis asuransi umum. Peluang untuk mengembangkan bisnis melalui kanal digital pun makin terbuka lebar, kendati perkembangan produk asuransi digital masih butuh peneyempurnaan lebih jauh, termasik dari sisi regulasinya.Beberapa lini bisnis juga diperkirakan akan berkembang pada 2018, terutama bisnis asuransi rekayasa, seiring dengan gencarnya pembangunan infrastruktur. daya beli yang meningkat pun diharapkan mendorong bisnis asuransi kendaraan dan asuransi harta benda yang pada 2017 tumbuh negatif.

Bagaimanapun, kunci utama agar kinerja perusahaan asruasni umum mengilap adalah kerja keras dan menerapkan langkah-langkah bisnis yang tepat agar hasilnya maksimal. Nah, agar kinerja keuangan perusahaan asuransi umum cemerlang dan dapat meraih predikat “sangat bagus” dalam rating asuransi umum versi Infobank mendatang, ikuti langkah-langkah berikut.

Satu, senantiasa menjaga Risk Based Capital (RBC) di atas 120%.

Dua, menyesuaikan risiko premi sendiri terhadap modal sendiri. Akan lebih baik jika dapat menambah modal disetor. Apakah dengan mencari partner atau dari pemilik lama.

Tiga, menjaga kewajiban lancarnya dengan baik dan tidak perlu mencairkan investasinya jika terjadi klaim. Likuiditasnya tetap terjaga diatas 120% dari cadangan teknisnya.

Empat, menjaga kekayaan selalu berada di atas kewajiban.

Lima, memperbesar cadangan teknis sekaligus kekayaan perusahaan dan memperbesar cadangan premi dengan menyesuaikan risiko sendiri.

Enam, meingkatkan perolehan laba dan underwriting sekaligus mengurangi biaya-biaya tetap.

Tujuh, hindari kesalahan investasi. Cari investasi yang lebih renyah ketika suku bunga tinggi. Bersiap-siap juga masuk pasar modal. Reksa dana saham dan pendapatan tetap menjadi salah satu opsi investasi terbaik dengan risiko yang terjaga.

Jika langkah-langkah tersebut dijalankan, kinerja perusahaan asuransi umum niscaya akan makin kinclong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>