Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik untuk Kita dan Keluarga

ilustrasi-siluet-keluargaSelamat pagi Sahabat OCI~ bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat sehingga kita semua dapat menjalankan aktivitas kita dengan lancar seperti biasanya. Berjumpa kembali di hari Senin tanggal 2 Juli 2018. Pada ulasan kali ini OCI akan membahas mengenai tips memilih asuransi kesehatan untuk keluarga. Permasalahan kesehatan adalah sesuatu yang sangat penting dan tidak dapat  kita prediksi terkadang risiko yang mengancam kesehatan kita muncul di waktu yang tidak terduga-duga.

Untuk mengantisipasi risiko tersebut yang pasti akan menimbulkan kerugian untuk kita dan keluarga, caranya adalah dengan menggunakan perlindungan komplit untuk kesehatan. Asuransi kesehatan adalah jawaban tepat untuk perlindungan kita. Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan saat memilih asuransi yang akan kita pilih. Untuk tips-tips seputar asuransi lainnya yang mungkin berguna.Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik?

Secara umum, asuransi kesehatan memiliki fungsi utama yaitu perlindungan dan penjamin biaya kesehatan dan perawatan di rumah sakit bagi pemegang polis. Dengan memiliki asuransi kesehatan, maka kita tidak perlu lagi khawatir atau memikirkan berapa biaya yang harus ditanggung atau dikeluarkan unutk membayar biaya rumah sakit, rawat inap, dokter, sampai dengan obat yang harus dikonsumsi, serta hal-hal tak terduga lainnya. Seluruh financial risks seperti itu dilimpahkan atau menjadi tanggung jawab perusahaan asuransi yang kita pilih.

Tips memilih asuransi kesehatan: Kenali Jenis Asuransi Kita

Asuransi kesehatan bisa menggunakan 2 macam sitem yaitu paket dengan asuransi kesehatan lain. Biasanya, asuransi jenis ini menawarkan asurnasi jiwa atau asuransi investasi seperti asuransi unit-link. Karena tidak hanya menjual asuransi kesehatan saja maka, biaya premi cenderung lebih tinggi sebab nantinya akan dibagi dengan pertanggungan. Jadi tips memilih asuransi kesehatan dari kami adalah kenali jenis asuransi yang akan kita beli, kita bisa mencoba memilih asuransi kesehatan murni, sehingga premi yang dibayarkan bisa lebih murah karena asuransi murni hanya untuk pertanggungan biaya kesehatan.

Tips memilih asuransi kesehatan: Mengecek Pertanggungan Rawat Inap

Bandingkan pertanggungan untuk rawat jalan dan rawat inap, hal ini cukup penting dalam memilih asuransi kesehatan, jika budget kita mencukupi kita bisa menggunakan kedua fasilitas tersebut, tapi jika faktor biaya premi menjadi pertimbangan, kita harus lebih memprioritaskan pertanggunan asuransi kesehatan rawat inap. Karena biaya yang harus ditanggung untuk asuransi kesehatan rawat inap jelas lebih besar, mulai dari biaya kamar, obat-obatan dan juga konsultasi dokter.

Tips memilih asuransi kesehatan: Memilih Premi yang Tepat

Premi murah bisa menjadi pertimbangan dalam memilih asuransi kesehatan, premi asuransi yang murah jelas menjadi incaran semua orang. Tapi, harga memang tidak bisa berbohong semakin lengkap fasilitas yang disediakan, semakin tinggi pula premi yang harus dibayarkan. Sebagai gambaran saja, jaminan fasilitas ruang rawat inap VIP takkan sama dengna jamina ruang rawat inap kelas 3. Sebaiknya untuk asuransi kesehatan pilih premi yang tepat dan sesuai budget kita, ini bukan berarti yang paling murah tapi sesuai dengan kemampuan kita. Dan jangan lupa untuk membaca klausul polis dengan seksama supaya kita bisa dapat benar-benar memahami tentang biaya yang harus kita bayar da perlindungan yang kita dapatkan, hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahpahaman dikemudian hari.

Tips memilih asuransi kesehatan: Cashless Plus Pilihan Rumah Sakit Lengkap

Disarankan untuk menghindari sistem reimburse, sistem reimburse adalah sistem dimana kita baru bisa melakukan klaim setelah membiayai seluruh biaya rumah sakit sendiri terlebih dahulu. Carilah asuransi kesehatan yang menggunakan sistem cashless, agar kita tak perlu mengeluarkan uang tunai untuk pembayaran. Cukup membawa kartu khusus yang dikeluarkan pihak asuransi ke rumah sakit, dan pilih produk asuransi kesehatan dengan banyak jaringan rumah sakit yang menerima sistem cashless dari penyedia asuransi kita.

Tips memilih asuransi kesehatan: Bandingkan Urgensi dan ‘Kesehatan’ Dompet

Dengan membandingkan urgensi dan kemampuan finansial kita, maka kita dapat memperhitungkan dan menentukan jenis produk asuransi kesehatan yang sesuai untuk kita. Jika kita memilih untuk tidak memikirkan hal ini maka kita bisa menggunakan jasa agen asuransi untuk menentukan semua perluasan dan menyerahkan prosedur dan segala birokrasinya, jika kita melakukan hal ini maka kita akan dibuat kaget saat harus membayar premi bulanannya.

Untuk itu, sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi kesehatan dan menambahkan perluasan proteksinya, ada baiknya kita mengkonsultasikan dulu kepada orang-orang yang lebih paham tentang asuransi atau juga bertanya kepada agen asuransi, termasuk berdiskusi dengan keluarga atau pasangan kita.

Tips memilih asuransi: Mengetahu Mitra Rumah Sakit

Kita harus mengenali terlebih dahulu tentang perusahaan asuransi yang kita pilih terutama informasi tentang rumah sakit yang menjadi mitra dari perusahaan asuransi tersebut, akan menjadi satu hal yang sangat merepotkan apabila sudah terlanjur membeli polis asuransi dan ketika terjadi suatu musibah atau kecelakaan, ternyata rumah sakit yang dituju tidak menerima asuransi kesehatan yang kita miliki. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk asuransi kesehatan, kita wajib mencari informasi atau menanyakan kepada agen asuransi yang bersangkutan tentang rumah sakit mitra perusahaan asuransi.

Tips memilih asuransi: Melihat Benefit yang Diberikan

Walaupun secara garis besarnya semua perusahaan asuransi menawarkan benefit yang sama, namun jenis perluasan perlindungan suatu produk antara satu perusahaan dengan perusahaan asuransi lainnya bisa sangat berbeda. Oleh karena itu, kita wajib melihat dan mengetahui apakah produk asuransi yang akan dipilih termasuk perluasan perlindungannya sudah mencakup seluruh kebutuhan-kebutuhan utama yang kita inginkan atau belum.

Tips memilih asuransi: Mengetahui Kredibilitas dan Track Record Perusahaan

Memeriksa kredibilitas dan track recor perusahaan asuransi yang bersangkutan. Menjadi hal yang sangat penting untuk kita ketahui pasalnya hal ini bisa menjadi tolak ukur kita dalam memilih perusahaan asuransi yang sesuai untuk kita, kita dapat mengetahui dan informasinya melalui orang-orang yang pernah menjadi klien dari perusahaan yang bersangkutan atau juga mencarinya di berbagai media, termasuk di internet.

Tips memilih asuransi: Bandingkan Dengan Produk Asuransi Dari Perusahaan Lain

Semakin banyaknya perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai produk dan manfaat perawatan kesehatan, seharusnya membuat kita memiliki banyak pilihan. Jangan hanya terpaku kepada satu perusahaan saja. Kita sebaiknya mencari informasi tentang perusahaan asuransi lainnya dan membandingkan produk asuransi mereka.

Hal yang harus kita perhatikan dalam membandingkan produk asuransi adalah premi bulanan, jenis perawatan kesehatan, sistem klaim, provider atau rumah sakit yang bekerja sama, dan manfaat-manfaat lain yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan asuransi kesehatan.

Tips memilih asuransi: Pilih Asuransi Kesehatan Tanpa Limit Perawatan

Akan lebih baik jika kita memilih produk asuransi yang tidak menetapkan limit per perawatan sehingga kita bisa menetapkan limit per perawatan sehingga kita bisa mendapat perawatan yang sempurna, banyak perusahaan asuransi kesehatan terbaik di Indonesia yang menyediakan produk perlindungan tanpa menetapkan limit per perawatan.

Dari tips-tips yang kami share kita bisa menjadikan informasi tersebut sebagai acuan dalam memilih produk terbaik untuk kita dan keluarga, dan juga sesuai dengan kebutuhan kita. Setelah mengetahui tips memilih asuransi kesehatan sebelum memutuskan membeli produk asuransi kesehatan terbaik, berikut juga ada beberapa perusahaan asuransi kesehatan di Indonesia yang masuk dalam kategori sehat dan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>