Ini lho 5 Manfaat Nyata Kalau Kamu Mau Puasa Media Sosial, Berani Coba?

sosial media

Selamat pagi para pembaca setia OCI~ bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat sehingga kita semua dapat menjalankan aktivitas kita dengan lancar seperti biasanya. Berjumpa kembali di hari Rabu tanggal 11 Juli 2018. Pada ulasan kali ini OCI akan membahas mengenai manfaat kita ber ‘puasa’ dalam menggunakan media sosial. Apakah kalian pernah merasa lelah dengan dunia maya? Atau kalian merasa bosan dengan kegiatan setiap hari yang hanya terfokus pada media sosial? Itu bisa menjadi tanda bahwa kalian harus mulai puasa medsos lho. Puasa sosial media yaitu berhenti sejenak dari dunia media sosial.

Boleh sekedar sehari, tiga hari, satu minggu atau bahkan satu bulan. Mungkin kalian akan ketinggalan berita terbaru, tapi memangnya kerugian apa yang akan terjadi? Dunia tidak akan berhenti hanya karena kalian tidak bermain medsos kan?Terlebih lagi, ada beberapa manfaat yang akan kalian rasakan kalau kalian rehat sejenak dari media sosial. Ini di 5 diantaranya~

1. Lebih fokus pada dirimu sendiri

Jika biasanya kamu sibuk dengan telepon genggam dan melakukan swafoto atau mengambil foto apa pun untuk diunggah ke akun sosmedmu, dengan melakukan puasa sosial media, kamu akan mulai melihat dunia ini dari sudut pandangmu sendiri. Bukan sekedar untuk pencitraan di medsos.

Kamu akan lebih fokus pada kegiatanmu yang mungkin selama ini tertunda karena menghabiskan waktu dengan media sosial. Membersihkan kamar atau sekedar merapikan isi lemari bisa jadi kegiatan yang sangat bermanfaat selama kamu puasa bersosial media. Berfaedah sekali kan?

2. Lebih menikmati segala hal di sekitarmu

Saat sibuk dengan media sosial, biasanya kamu menjadi “terbutakan” dari kejadian di sektiramu. Dengan beristirahat sejenak dari dunia maya itu, kamu akan bisa melihat dengan jelas kejadi di lingkunganmu.

Mungkin ternyata ada tetangga baru yang kamu tidak sadari sudah pindah sejak seminggu yang lalu. Atau ternyata ada tempat kuliner baru di sekitar tempat tinggalmu. Makanya yuk rehat dulu pegang HP nya.

3. Berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain

Di media sosial, orang-orang berlomba-lomba untuk menunjukkan diri mereka yang lebih baik dibanding orang lain. Baik dari segi ekonomi, pencapaian atau bahkan kemampuan dalam hal-hal tertentu. Banyak orang yang pamer foto makanan, seolah-olah mereka orang elite kelas atas yang setiap hari makan di restoran mewah.

Secara disadari atau tidak, ketika melihat postingan orang lain tentang kehidupan mereka yang luar biasa, kita menjadi iri dan membandingkan diri kita dengan orang tersebut. Pasti penat banget kalau mesti mengikuti gaya hidup seperti ini kan?

Dengan puasa ber-medsos, kamu akan lebih mensyukuri segala yang kamu punya dan berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain.

4. Mendekatkan diri dengan orang terdekat

Sering kan lagi ngumpul sama teman tapi semuanya main HP sendiri-sendiri? Nongkrong di cafe yang ada wifinya lalu sibuk dengan sosial media masing-masing?

Kesempatan untuk bertukar cerita dan menanyakan kabar menjadi tidak berarti karena terlalu fokus pada media sosial. Atau kalaupun ngobrol, yang dibicarakan adalah hal-hal viral yang tak jarang sebenarnya tidak ada hubungannya dengan kita.

Jika kamu penat dengan semua ini, mulailah puasa medsos dan kalau perlu mintalah teman-temanmu atau keluargamua juga melakukannya. Membicarakan sesuatu yang nyata itu lebih menarik lho guys. Disamping itu, kedekatan dengan orang-orang terdekat terasa menjadi lebih nyata dibanding juika hanya sekedar untuk kepentingan foto di sosial media.

5. Memperbaiki cara berkomunikasimu

Di media sosial, seringkali kita tidak perlu memikirkan kaidah sopan-santun berbahasa seperti yang selama ini diajarkan di sekolah. Malah, banyak orang yang menyalahgunakan fungsi media sosial dan melakukan komunikasi tanpa aturan dan terkesan tidak sopan.

Nah, dengan puasa bermedia sosial dan mulai berkomunikasi secara langsung dengan orang-orang yang kalian temui. Kalian jadi bisa menerapkan kembali semua aturan sopan santun dalam berbahasa dan menghidupkan kembali budaya Indonesia yang menjunjung tinggi kesopanan dalam tata krama.

Jadi, kapan kalian puasa medsosnya?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>