Iklim Dunia Usaha Membaik Ditopang Semua Sektor Industri

belanjaSelamat pagi para pembaca setia OCI~ bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat sehingga kita semua dapat menjalankan aktivitas kita dengan lancar seperti biasanya. Berjumpa kembali di hari Selasa 17 Juli 2018. Pada ulasan kali ini OCI akan membahas mengenai Bank Indonesia (BI) merilis survei kegiatan dunia usaha (SKDU). Dimana hasil survei yang dilakukan pada kuartal II tersebut menunjukkan peningkatan dibandingkan kuartal I 2018.

Hal ini tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 20,89% pada triwulan II 2018, emningkat dari 8,23% pada triwulan I 2018. Peningkatatan kegaitan usaha terutama terjadi pada sektor industri pengolahan (SBT 3,96%). Perbaikan sektor industri pengolahan juga tercermin pada Prompt Manufacturing Index (PMI) SKDU yang berada pada fase ekspansi pada triwulan II 2018 dengan indeks sebesar 52,40%.Kepala Departemen Statistik BI Yati Kurniati mengatakan, selain mengalami perbaikan siklus pertumbuhan ekonomi dan hasil surevei BI tersebut memperlihatkan pertumbuhan di semua sektor membaik, terutama industri pengolahan, perdagangan, hotel dan restoran, jasa keuangan, real estate dan jasa perusahaan.

Yati melanjutkan, industri pengolahan yang membaik di topang pada ada bulan Ramadhan dan lebaran ditambah lagi dengan adanya cuti bersama yang diperpanjang. Selain itu, hal ini juga sejalan dengan peningkatan penggunaan kapasitas.

Menurutnya, kapasitas yang digunakan itu meningkat dibandingkan kapasitas utilisasi sebelumnya bahwa terjadi peningkatan penggunaan kapasitas di capacity utilization dari kapasitas terpasangnya makin tinggi yang digunakan semula disini 76% menjadi 78,4%.

“Semua menunjukkan peningkatan dibandingkan dengan kapasitas pasangnya ini penggunannya untuk pertanian adalah sebesar 77,1% dan ini meningkat dibandingkan sebelumnya yang 77,04%,” ujarnya saat konferensi pers di Gedung BI.

Selain itu, yang paling tinggi adalah penggunaan kapasitas pada perusahaan-perusahaan listrik gas dan air minum. Penggunaan kapasitas dari sektor industri juga lebih baik disini menjadi 75% dan juga pertambangan jadi semua arahnya sejalan bahwa perbaikan ekonomi di kuartal II dibandingkan Kuartal I diikuti dengan peningkatan kapasitas utilization.

Dia menjelaskan, selain dunia usaha, Hasil investasi dunia usaha kuartal II 2018 juga meningkat. Menurutnya, pada saat kuartal I investor masih berjaga-jaga, dan lebih menggunakan kapasitas yang ada, sedangkan pada kuartal II sudah mulai meningkat. “Tak hanya di manufaktur, tapi juga di jasa keuangan, jasa perusahaan dan real estate,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>