Bangkitkan Semangat dengan Mudah Hanya dalam 10 Menit!

InnovationSelamat pagi para pembaca setia OCI~ bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat sehingga kita semua dapat menjalankana aktivitas kita dengan lancar seperti biasanya. Berjumpa kembali di hari Kamis tanggal 20 September 2018. Pada ulasan kali ini OCI akan membahas mengenai cara membangkitkan semangat kita saat bekerja di kantor. Setiap hari berkutat di belakang meja di depan laptop demi menyelesaikan tuntutan pekerjaan sudah pasti membuat tubuh lelah secara fisik dan juga batin. Tapi mau bagaimana lagi, pekerjaan harus cepat diselesaikan karena deadline yang mepet. Meski badan dan juga pikiran rasanya sudah capek luar biasa hingga tak mampu berpikir jernih.

Apakah kita sering mengalami hal tersebut, terlalu lelah bekerja tapi pekerjaan tak bisa ditinggal? Tenang sebab ada tips sederhana untuk kita agar semangat bekerja bangkit kembali, berikut di antaranya:1. Nikmati Suasana Kerja

Bekerja di dalam ruangan tertutup selama kurang lebih 8 jam pagi hingga 4 sore memang membosanka. Tak jarang hal tersebut bahkan membuat tubuh terasa cepat lelah dan kurang bersemangat. Ini karena tubuh merasa terbungkung atau terkurung secara psikis.

Yang akhirnya menurunkan semangat perlahan-lahan, tetapi selama bekerja di belakang meja kita tak boleh kemana-mana. Kita masih bisa memanfaatkan waktu luang di sela-sela aktivitas kerja yang padat untuk berjalan-jalan di sekitar ruangan kantor atau di depan kantor untuk menikmati udara segar sekaligus menyapa teman sekantor dan menjalin silaturahmi.

Meskipun terlihat sepele tapi cara ini sangat efektif untuk meningkatkan semangat kerja ketika penat dan malas melanda. Lakukan setiap ada waktu saja, jangan berlebihan karena bisa mengurangi keefektifan waktu bekerja yang bisa membuat atasan tak suka.

2. Berolah Raga di sela-sela waktu istirahat

Tiap kali masuk kerja yang terlihat tumpukan kertas dan dokumen yang menunggu untuk diselesaikan. Penat, lelah dan bete sudah pasti karena pekerjaan tersebut ada batas deadlinenya yang seolah-olah menghantui dan membuatnya tak kunjung selesai.

Dari pada pusing memikirkan deadline yang tak kunjung terselesaikan yang akhirnya membuat pikiran buntuk dan tubuh pun juga lelah. Lebih baik tenangkanlah pikiran dan cobalah untuk berolah raga sejenak. Tak perlu jauh-jauh, kita bisa lari-lari kecil di tangga, berlatih yoga maupun senam untuk meregangkan otot-otot yang laku.

Kalau tak tahu caranya, coba buka youtube.com, ada banyak tutorial workout simple yang bisa kita praktekan di kantor. Luangkan waktu 10 sampai 15 menit ketika jam istirahat saja sudah cukup untuk mengembalikan semangat kerja.

3. Pilih musik yang upbeat

Saat sedang galau dan bete karena pekerjaan, jangan malah mendengarkan musik mellow yang membuat semangat hilang. Coba dengarkan musik-musik dengan beat yang tinggi, karena ini berhubungan dengan detak jantung kita. Alunan masuk up beat bisa mempengaruhi detak jantung yang dapat meicu semangat untuk bangkit kembali.

Sehinga dengarkanlah musik yang penuh semangat agar hari-hari yang melelahkan saat bekerja selalu bersemangat. Tapi jangan putar keras-keras nanti bisa mengganggu teman kerja yang lain, sebaiknya dengarkan di headphone sendiri, ya.

4. Buat rencana kerja

Tak hanya keuangan saja yang perlu diatur dengan baik, pekerjaan pun juga harus diatur sedemikian rupa agar tidak kacau dan akhirnya mengundang kemarahan atasan. Tetapi tak cukup sampai disitu saja, pekerjaan yang kacau bisa menjatuhkan kredibilitas dan profesionalitas kita sebagai seorang pekerja.

Maka buatlah daftar pekerjaan kita, mana yang harus diselesaikan lebih dulu dan mana yang bisa dilakukan nanti. Kelola pekerjaan menurut tingkat urgensinya, lalu selesaikan dengan maksimal baru kemudian beralih ke pekerjaan berikutnya.

Jangan terlalu ambisi menyelesaikan pekerjaan sekaligus demi mendapat pujian, karena bukannya selesai bisa saja pekerjaan justru terbengkalai yang justru mengundang teguran atasan.

5. Rilekskan diri dengan secangkir minuman hangat.

Ketika pikiran sedang buntu dan tak bersemangat cobalah untuk meminum secangkir minuman hangat, bisa kopi teh atau cokelat panas. Minuman hangat sangat bagus untuk membuat pikiran menjadi lebih rileks dan mengurangi stress karena pekerjaan.

Seperti kopi misalnya, punya kandungan kafein yang sangat bagus untuk meningkatkan irama jantung sehingga memicu semangat untuk on lagi. Kopi juga cocok diminum jikalau sedang ngantuk berat sehabis lelmbur semalaman. Dan teh juga kaya antioksidan yang bagus untuk tubuh serta menangkal radikal bebas yang berbahaya.

Tingkatkan semangat dimulai dari diri sendiri

Ketika tubuh dan pikiran lelah karena pekerjaan yang menumpuk tak ada semangat yang bisa membangkitkannya selain kesadaran diri sendiri. Jika dipikir, tantangan pekerjaan akan selalu ada setiap saat. Jadi carilah kegiatan untuk meningkatkan semangat pada diri sendiri lalu tularkan pada lingkungan kerja, agar semangat kerja semakin meluas. Tak perlu sesuatu yang wah, hal kecil-kecil pun bisa meningkatkan semangat lho.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>