Ini Sektor Pendorong Pertumbuhan Ekonomi RI di Kuartal III-2018

Perencanaan-Keuangan-Finansialku-Perencana-Keuangan-Independen-Konsultasi-Perencanaan-Keuangan

Halo pembaca setia oci~ Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat sehingga kita semua dapat menjalankan aktivitas kita dengan lancar seperti baisanya. Berjumpa kembali di hari Kamis tanggal 29 November 2018. Pada ulasan kali ini OCI akan membahas mengenai Perekonomian Indonesia pada kuartal III 2018 terhadap kuartal III 2017 tumbuh 5,17 persen (yoy). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, dari sisi produksi, pertumbuhan didorong oleh semua lapangan usaha, dimana pertumbuhan tertinggi dicapai Lapangan Usaha Jasa Lainnya sebesar 9,19%.

Sementara dari sisi pengeluaran, Kepala BPS Suhariyanto di Jakarta, Senin, 5 November 2018 mengungkapkan, pertumbuhan didorong oleh semua komponen, dimana pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Komponen Pengeluaran Konsumsi Lembaga Nonprofit yang melayani Rumah Tangga (PK-LNPRT) sebesar 8,54%.“Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi pada Lapangan Usaha Konstruksi sebesar 4,81%, sedangkan dari sisi Pengeluaran, pertumbuhan tertinggi pada Komponen Ekspor Barang dan Jasa sebesar 8,68%,” ujarnya.

Ekonomi Indonesia sampai dengan kuartal III-2018 (c-to-c) tumbuh 5,17%. Dari sisi produksi, pertumbuhan didorong oleh semua lapangan usaha, pertumbuhan tertinggi pada Lapangan Usaha Jasa Lainnya sebesar 8,95%. Sedangkan dari sisi pengeluaran tertinggi pada Komponen PK-LNPRT yang tumbuh 8,45%.

Struktur ekonomi Indonesia secara spasial pada kuartal III-2018 didominasi oleh kelompok provinsi di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Pulau Jawa memberikan kontribusi terbesar terhadap Produk Domesti Bruto, yakni sebesar 58,57%, diikuti oleh Pulau Sumatera sebesar 21,53% dan Pulau Kalimantan, 8,-7%.

Asal tahu saja, perekonmian Indonesia berdasarkan besaran Produk Domestik Bruto (PDB) atas dasar harga berlaku kuartal III-2018 mencapai Rp3.835,6 triliun dan atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp2.684,2 triliun.

Perekonomian Indonesia pada kuartal III 2018 terhadap kuartal III 2017 tumbuh 5,17%. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, dari sisi produksi, pertumbuhan didorong oleh semua lapangan usaha, dimana pertumbuhan tertinggi dicapai Lapangan Usaha Jasa Lainnya sebesar 9,19%.

Sementara dari sisi pengeluaran, Kepala BPS Suhariyanto di Jakarta, Senin, 5 November 2018 mengungkapkan, pertumbuhan didorong oleh semua komponen, dimana pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Komponen Pengeluaran Konsumsi Lembaga Nonprofit yang melayani Rumah Tangga (PK-LNPRT) sebesar 8,54%.

“Dari ssii produksu, pertumbuhan tertinggi pada Lapangan Usaha Konstruksi sebesar 4,81%, sedangkan dari sisi Pengeluaran, pertumbuhan tertinggi pada Komponen Ekspor Barang dan Jasa sebesar 8,68%,” ujarnya.

Ekonomi Indonesia sampai dengan kuartal III-2018 )c-to-c) tumbuh 5,17%. Dari sisi produksi, pertumbuhan didorong oleh semua lapangan usaha, pertumbuhan tertinggi pada Lapangan Usaha Jasa Lainnya sebesar 8,95%. Sedangkan dari sisi pengeluaran tertinggi pada Komponen PK-LNPRT yang tumbuh 8,45%.

Struktur Ekonomi Indonesia secara spasial pada kuartal III-2018 didominasi oe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>