Wajib Tahu, Inilah 5 Cara Meningkatkan Kreativitas tanpa Batas

ekonomi digitalSelamat pagi para pembaca setia OCI~ bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat sehingga kita semua dapat menjalankan aktivitas kita dengan lancar seperti biasanya. Berjumpa kembali di hari Jumat tanggal 23 November 2018. Pada ulasan kali ini OCI akan membahas mengenai cara meningkatkan kreatifitas kita. Kreativitas bukanlah hal yang dibutuhkan oleh para pekerja seni saja. Semua orang sangatlah baik untuk menjadi kreatif untuk mengelola dan menjaga keseimbangan hidupnya.

Meningkatkan kreativitas juga diperlukan agar hidup semakin mudah dan juga membantu dalam menyelesaikan masalah baik dalam bekerja ataupun menjalankan hidup. Berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kreativitas tanpa batas.1. Bergaul dengan Orang-Orang Kreatif

Bergaul dengan orang-orang yang kreatif bisa menjadi sarana yang baik untuk meningkatkan kreativitas. Kita bisa bergaul dengan orang-orang kreatif melalui komunitas-komunitas yang ada ataupun dengan orang di sekitar kita. Manfaatkanlah waktu bersama orang-orng kreatif dengan menuangkan ide, bertukar pikiran, meminta saran maupun kritik untuk mendapat inspirasi-inspirasi dan gagasan yang bari.

2. Banyak Membaca

Membaca buku dipercaya menjadi aktivitas yang mampu meningkatkan kinerja otak. Dengan membaca, kita akan memiliki kesempatan informasi dan pengetahuan yang bermanfaat. Buku juga bisa menjadi gudang imajinasi dan inspirasi.

Ada banyak hal yang bisa kita jadikan pelajaran ataupun inspirasi untuk berkarya. Otak juga dilatih untuk mengimajinasikan kata demi kata yang tertulis dalam buku. Selain itu, membaca juga melatuh otak untuk lebih berpikir dan memecahkan masalah yang diberikan, terutama membaca cerita pada buku jenis novel ataupun cerita misteri.

3. Siap Sedia Notekbook

Ide-ide kreatif bisa datang dan menghampiri kapan saja, tanpa mengenal waktu dan tempat. Kita tidak pernah tahu saat kapan ide-ide tersebut akan muncul dan mendatangi pikiran. Bisa saja saat bekerja, melamun, berbelanja atau hadir dalam mimpi sekalipun. Untuk menampung ide-ide kreatif yang bisa datang kapan saja, sebaiknya selalu siap sedia buku catatan di dekat kita.

Dengan menulis ataupun menggambarkan ide-ide kreatif secara tertulis tentunya akan memudahkan kita untuk mengembangkannya di kemudian hari dan untuk mengantisipasi jika lupa akan ide yang muncul tersebut.

4. Peka Terhadap Sekitar

Meningkatkan kreativitas bisa juga diperoleh dengan memperhatikan sekeliling kita. Mulai sekarang, biasakan untuk peka terhadap apa yang terjadi di sekitar kita. Jadilah orang yang peduli terhadap lingkungan dan lihatlah secara detail kejadian-kejadian di sekitar.

Belajarlah di mana saja, kapan saja dan dengan siapa saja. Jadilah segala yang dilihat dan dengar sebagai pelajaran dan inspirasi untuk mengembangkan kreativitas dalam diri. Lingkungan sektar juga bisa menjadi guru yang baik untuk meningkatkan kreativitas. So,jangan batasi diri dan mulailah peduli dengan sekeliling kita.

5. Have Fun!

Otak tentunya akan bekerja lebih maksimal dalam suasana yang menyenangkan. Jika ingin kreativitas meningkat, usahakanlah untuk selalu senang dan bahagia. Kuasai diri kita agar terhindar dari stress ataupun pengaruh-pengaruh negatif agar otak mampu bekerja secara maksimal.

Mulailah dari Sekarang

Meningkatkan kreativitas tentunya sangatlah penting, terutama jika sering merasa kesulitan dalam menghadapi permasalah saat bekerja ataupun dalam hidup sehari-hari. Cara-cara di atas bisa diterapkan untuk membantu meningkatkan kreativitas tanpa batas. Mulailah terapkan dari sekarang, lebih cepat lebih baik, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>