Berencana untuk Pensiun Dini? Pertimbangkan untuk Jalani Bisnis Ini

PENSIUN 2Menghabiskan sepanjang usia untuk bekerja kantoran memang kerap menimbulkan kejenuhan. Maka dari itu, tak heran banyak karyawan yang memutuskan untuk pensiun dini dan membangun usaha sendiri. Jika kamu adalah salah satunya, tak perlu khawatir soal dana. Sebab, ada banyak pilihan pinjaman dana tunai tanpa jaminan yang bisa menjadi solusi modalmu.

Di usia yang terbilang muda, kita yang memutuskan untuk pensiun dini masih punya kesempatan untuk mendirikan bisnis. Tapi, mengingat kamu tak akan mendapatkan penghasilan pasti setiap bulannya, penting untukmu dalam memilih jenis bisnis yang akan dijalani setelah pensiun nanti. Kamu haris memiliki perencanaan yang matang supaya bisnis tersebut bisa menghasilkan pendapatan yang paling tidak sama dengan gajimu dulu. Untuk memudahkanmu, berikut rangkuman tentang beberapa pilihan bisnis yang bisa dipilih saat pensiun dini nanti.

Travel Writer

Memasuki masa pensiun, artinya saatnya menikmati indahnya dunia, tanpa waktu yang terbatas ataupun beban pekerjaan yang menumpuk. Kamu bisa mengisi masa pensiunmu dengan bepergian keliling dunia. Tentu saja, butuh banyak dana yang dibutuhkan untuk melakukan hal ini. Tapi, kalau kamu pintar mencari peluang, justru kegiatan ini bisa menghasilkan uang lho.

Bagaimana caranya? Saat melakukan perjalanan, buat tulisan tentang destinasi yang kita kunjungi. Lebih baik lagi kita memotret segala hal yang kita temui secara profesional. Tulis cerita perjalananmu dan kirimkan ke majalah atau situs traveling. Dari sana, kita bisa menghasilkan bayaran.

Jika kita memiliki blog pribadi dengan jumlah pengunjung yang banyak, akan lebih mudah lagi menjadikannya ladang uang. Buat proposal rencana perjalananmu kepada brand yang visinya sejalan dengan isi blog-mu. Minta mereka untuk mensponsori perjalananmu. Ini sama saja dengan kita dibayar untuk liburan~

Apabila kita masih merintis bisnis ini, jangan berkecil hati. Mulai perjalananmu dengan modal yang bisa didapatkan dari pinjaman dana tunai tanpa jaminan. Banyak penyedia pinjaman dana tunai tanpa jaminan di luar sana yang bisa dipilih, tapi pastikan kembali untuk memilih yang dijamin aman dan terpercaya ya.

Budidaya Tanaman atau Binatang

Penat dengan suasana ibukota dan memilih untuk menetap di kampung halaman selama masa pensiunmu? Tak masalah, ada banyak cara untuk mendapatkan uang dari sana. Salah satunya adalah melalui budidaya tanaman atau binatang yang bisa menghasilkan uang besar. Kamu bisa mencoba budidaya ikan patin. Dengan perawatan lebih mudah dibandingkan budidaya ikan lele, kita bisa mengantongi omzet puluhan hingga ratusan juta rupiah per bulannya dari budidaya ikan tersebut.

Kita juga bisa memilih budidaya jamur tiram, salah satu tanaman yang banyak disajikan pada menu makanan khas China. Ternyata, belum banyak orang yang mendalami jenis budidaya ini, padahal permintaannya cukup tinggi. Maka dari itu, jika ditekuni dengan serius, budidaya jamur tiram bisa membuatmu kaya raya.

Bisnis budidaya ikan atau tanaman memang membutuhkan dana yang cukup besar. Manfaatkan sebagian uang pensiunmu untuk membangun bisnis ini. Apabila dananya masih kurang, manfaatkan layanan pinjaman dana tunai tanpa jaminan yang banyak beredar di luar sana. Tapi tentu saja, pilih yang bunganya masuk akal dan sesuai dengan kondisi keuanganmu.

Jasa Ekspedisi

Jenis bisnis satu ini juga bisa dipilih apabila kita memutuskan untuk menghabiskan masa pensiun di kampung halaman. Jasa ekspedisi menjanjikan keuntungan menggiurkan untuk dijalani. Sebab, banyak warga yang tinggal di kampung mengirimkan paket untuk keluarga atau kerabat mereka yang tinggal di luar kota.

Menjamurnya toko online juga membuat banyak warga kampung memiliki usaha online. Mereka tentunya membutuhkan jasa ekspedisi untuk mengirimkan barang jualan mereka ke pembeli. Supaya lebih mudah, kita bisa membeli lisensi waralaba dari brand jasa ekspedisi yang sudah terkenal dan terpercaya seperti JNE, atau TIKI.

Apapun jenis usaha yang kita pilih untuk mengisi masa pensiunmu, lakukanlah yang sesuai minat dan kemampuanmu. Pikirkan dengan matang rencana bisnis agar kamu bisa lebih mudah dalam menjalani usaha tersebut nantinya. Jangan lupa juga untuk bersikap bijak jika kamu memanfaatkan pinjaman dana tunai tanpa jaminan sebagai tambahan modal. Selamat berbisnis~

Sumber: Cermati.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>