5 Kriteria Ini Wajib Kita Punya Bila Ingin Menjadi Pemimpin

PERCAYA DIRISelamat pagi para pembaca setia OCI~ bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat sehingga kita semua dapat menjalankan aktivitas kita dengan lancar seperti biasanya. Berjumpa kembali di hari Kamis tanggal 14 Maret 2019. Pada ulasan kali ini OCI akan membahas mengenai beberapa kriteria yang wajib kita miliki bila kita ingin menjadi pemimpin. Menjadi seorang pemimpin adalah impian banyak orang, kita mungkin termasuk salah satunya. Setiap orang pun sejatinya mampu untuk bisa menjadi seorang pemimpin. Sayangnya, tidak semua orang bisa benar-benar menjadi pemimpin.

Pada kenyataanya, menjadi seorang pemimpin yang baik itu tidak hanya sekadar tekad yang tinggi. Lebih jauh lagi, seorang pemimpin sejati haruslah didukung sejumlah kriteri tertentu yang didapat dari proses yang panjang dan konsisten.Lalu, apa saja kiranya kriteria ideal bagi seorang pemimpin? Nah, kita para calon pemimpin masa depan, wajib memiliki kriteria berikut ini.

1. Punya Manajemen yang Baik untuk Diri Sendiri Terlebih Dahulu

Kriteria pertama dari yang harus kita punya untuk bisa menjadi seorang pemimpin baik adalah bisa mengatur diri sendiri dengan baik. Ya, sebelum bisa memimpin orang lain, tentunya kita haris bisa memimpin diri kita sendiri terlebih dahulu, bukan?

Jika untuk memimpin diri sendiri saja sudah gagal, bagaimana memimpin dan mengatur orang lain? Aturlah berbagai aspek fundamental dalam diri kita, mulai dari waktu, perhatian hingga emosi diri.

Secara paralel, cari tahu terus apa yang menjadi kekuatan, kelemahan dan potensi yang kita punya. Dengan begitu, timbul harmoni dalam diri kita, yang mana tentunya akan sangat berdampak positif bagi upaya untuk sampai di predikat ‘pemimpin ideal’.

Intinya, kita harus bisa mengontrol dan disiplin terhadap semua tindakan yang dilakukan, disamping kita harus menjauhi yang namanya sifat kaku dan tidak fleksibel karena itu malah akan tambah menyusahkan kita.

2. Punya Strategi dalam Bertindak

Setelah manajemen diri, kriteria selanjutnya yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin ialah segala tindak tanduknya harus disusun dengan baik dan penuh strategi. Sebagai leader, semua keputusan tentunya berada di tangan kita.

Baik atau buruknya langkah kita dan tim kita ke depannya bergantung pada decision yang kita ambil. Oleh karena itu, seorang pemimpin ideal haruslah cerdas dalam menentukan strategi terbaik yang nantinya mampu memberikan hasil sesuai ekspektasi.

Jangan pernah terburu-buru dalam mengambil suatu keputusan karena biasanya hal tersebut malah merugikan kita dan tim nantinya.

3. Mampu Berkomunikasi dengan Baik dan Efektif

Kita semua setuju bahwa komunikasi itu peranannya sangat fundamemtal di seluruh aspek kehidupan. Mulai dari lingkungan keluarga sampai lingkungan pekerjaan, komunikasi yang baik tentu akan menjadikan semua aspek tersebut dapat berjalan dengan sebagaimana semestinya.

Seorang pemimpin yang baik, tentunya menyadari akan pentingnya komunikasi. Dan bukan hanya soal komunikasi itu sendiri, namun ita juga tahu bagaimana menciptakan suatu pola komunikasi yang efektif. Artinya, kapan harus berbicara dan kapan harus mendengarkan.

Saat tengah mengadakan rapat dengan tim di kantor misalnya, kita tentu saja harus menyampaikan informasi yang berkaitan dengan rencana kita pada saat itu dengan singkat, padat dan jelas sehingga tidak akan terjadi yang namanya miss-communication.

Komunikasi yang baik itu sendiri harus menjalar di semua aspek, yakni komunikasi langsung ke tim yang bersangkutan, departemen atau staf lain, hingga ke komunikasi virutal seperti e-mail dan media sosial.

4. Tidak Lepas Tangan, tapi Bisa Bertanggung Jawab

Nah, ini dia kriteria pemimpin ideal yang tidak kalah pentingnya. Namanya seorang leader, tentunya kita akan memikul tugas dan tanggung jawab yang berat jika ingin berhasil. Oleh karenanya, apapun yang akan terjadi di depan nanti, dengan segala risiko, jadilah pemimpin yang berani untuk bertanggung jawab.

Jangan sampai kita lepas tangan yang artinya melepaskan hal yang seharusnya menjadi tanggung jawab kita. Jika demikian, tentu menjadi seorang pemimpin yang baik dan sukses hanyalah isapan jempol belaka.

5. Punya Tujuan yang Jelas dan Konsisten untuk Mencapainya

Sebuah kesalahan besar jika kita berpikir untuk melangkah tanpa memiliki tujuan yang jelas. Kendati situasi dan kondisi cenderung dinamis, namun sudah memiliki tujuan jelas di awal akan membuat kita selalu fokus dan berusaha untuk mencari penyelesaian manakala sedang terjebak di suatu masalah yang menghambat.

Pun demikian ketika di tengah perjalanan, ada sapuan ‘angin’ yang membuat kita sedikit goyah, dengan menerapkan pola pikir seperti ini, maka kita telah memenuhi kriteria seorang pemimpin yang baik.

Jadilah pribadi yang layak jadi pemimpin. Sebagaimana telah disebutkan di awal, pemimpin yang baik dihasilkan dari proses yang panjang dan penuh konsistensi. Mulailah proses itu sekarang juga dengan memerhatikan 5 kriteria yang telah dipaparkan di atas dan jangan lupa untuk konsisten dalam melakukannya.

Hingga pada akhirnya hal ini akan menjadi sebuah kebiasaan. Selamat mencoba dan jadilah seorang pemimpin ideal.

Sumber: ekonomi.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>